Tak Berkategori

Libur Lebaran, Makam Panjang di Balangan Kebanjiran Pengunjung

apahabar.com, PARINGIN – Makam Datuk Surya Sakti yang berada di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten…

Featured-Image
Puluhan peziarah memadati makam Datuk Surya Sakti di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kamis sore. apahabar.com/Agus Suhadi

bakabar.com, PARINGIN – Makam Datuk Surya Sakti yang berada di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan rupanya menjadi destinasi wisata religi selama libur lebaran kali ini. Tampak puluhan pengunjung memadati makam Datuk Kandang Haji itu, Kamis(6/6) sore.

Kepada bakabar.com, H Tambain pengelola makam menyebut, selama Ramadan kemarin jumlah kunjungan mencapai ribuan pengunjung atau jemaah.

Baca Juga: Hari Kedua Lebaran, Pemandian Air Panas Loksado Diserbu Pengunjung

Sekadar diketahui, cukup mudah menuju ke lokasi Datuk Kandang Haji. Dari Paringin, ibukota Balangan, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat sekitar 20 kilometer.

Makam Datuk Kandang Haji ini juga disebut Makam Panjang. “Karena panjangnya kurang lebih 11 meter dan lebarnya kurang lebih 4 meter,” ujarnya Tambain.

Datuk Kandang Haji, menurut masyarakat setempat awalnya bernama Patih Bentar Alam. Di riwayat lain dia juga bernama Datuk Surya Sakti Mangku Alam, tepatnya usai memeluk Islam lalu menunaikan ibadah haji ke Mekkah dengan berjalan kaki.

Setelah pulang ke kampung halaman, mengajar dan menyebarkan ilmu agama Islam kepada masyarat luas, ia juga membangun beberapa masjid di wilayah Balangan.

Baca Juga: Arus Lalu Lintas Banjarmasin-Hulu Sungai Padat Merayap

Beberapa barang yang menjadi peninggalannya antara lain adalah Alquran tulisan tangan, cukmar (tongkat khatib), piring melawen besar, dan petaka kayu.

“Sudah 19 kali haulan Datuk Kandang Haji rutin dilaksanakan dan selalu diikuti ribuan jemaah yang datang dari berbagai daerah,” Sambung Tambain

Selain itu, makam Datuk Kandang Haji sudah memiliki sejumlah fasilitas seperti musala, pendopo, toilet dan berbagai fasilitas lainnya.

Upik, warga Kecamatan Halong yang datang bersama keluarga menilai fasilitas tersebut sangat menunjang kenyamanan jemaah untuk berziarah.

Baca Juga: Berkah Lebaran, Feri Penyeberangan Kebanjiran Penumpang

“Semakin tahun semakin baik fasilitasnya,” kesannya.

Reporter: AHC08
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner