Politik

Survei Terakhir SMRC, Jokowi Masih Unggul 56,8 Persen dan Prabowo 37 Persen

apahabar.com, JAKARTA – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terakhir yang dilakukan dua…

Featured-Image
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berorasi ketika kampanye terbuka di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019). Jokowi mengajak pendukung untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada pilpres 17 April 2019.Foto-Antara

bakabar.com, JAKARTA – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terakhir yang dilakukan dua pekan sebelum hari pencoblosan.

Dilansir Republika.co.id, hingga awal April 2019, capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan angka 56,8 persen atas capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga yang hanya memperoleh 37 persen. Adapun yang tidak tahu/rahasia mencapai 6,3 persen.

Baca Juga: Pemilu 2019, Ribuan Napi di Kalsel Terancam Gagal Nyoblos..!

“Bila pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 diadakan pada awal April, pasangan Jokowi-Ma’ruf dipastikan unggul atas Prabowo,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Jumat (12/4).

Deni menjelaskan, SMRC juga melakukan pengukuran dengan empat metode. Di antaranya langsung tanpa prediksiundecided, langsung dengan prediksiundecided,tidak langsung bipolar, dan tidak langsung unipolar. Dari ketiga pengukuran tersebut hasilnya diketahui konsisten.

“Pada waktu survei diadakan, elektabilitas Jokowi-Amin paling rendah dapat 54,5 persen, dan paling tinggi dapat 60,5 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi paling tinggi 44,3 persen,” ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga: Penegak Hukum Harus Bertindak Kasus di Malaysia

Deni mengungkapkan ada sejumlah faktor yang menentukan naik turunnya elektabilitas seorang kandidat. Salah satu faktornya adalah kinerja presiden.

“Sebanyak 71 persen masyarakat puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Tingkat kepuasan pada kinerja Jokowi ini sama dengan Februari 2019 lalu 71 persen,” jelasnya.

Untuk diketahui survei dilakukan 5-8 April 2019. Metode yang dipakai adalahmultistage random samplingdengan melibatkan 2568 responden denganmargin of errorrata-rata 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Pendukung Jokowi dan Prabowo Nikah, Tunjukkan Beda Pilihan Hal Biasa

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner