Tak Berkategori

Sidang Isbat Digelar 5 Mei, Berikut Lokasi-lokasi Rukyatul Hilal di Kalsel

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan Ramadan 1440 Hijriah. Sebelum itu,…

Featured-Image
ilustrasi rukyatul hilalFoto-Media Indonesia

bakabar.com, JAKARTA- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan Ramadan 1440 Hijriah. Sebelum itu, mereka akan melakukan rukyatul hilal di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Khusus di Kalimantan Selatan, ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi penyaksian awal bulan tersebut.

Kementerian Agama seperti dilansir jawapos akan menggelar sidang isbat pada Minggu, 5 Mei 2019 di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Jalan MH. Thamrin.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya'ban 1440 H," terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta, Jumat (26/4).

Baca Juga: KH Ahmad Zamani Wafat, Siapa Beliau?

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 H. Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," sambungnya.

Muhammadiyah Amin menyebutkan, sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, perwakilan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, serta dari Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian, hadir pula perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menambahkan, Kemenag akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1440 H di seluruh provinsi di Indonesia.

"Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat," ungkapnya.

Berikut daftar lokasi rukyatul hilal awal Ramadan 1440 Hijriah di Kalimantan Selatan:

  1. Di atas Bank Kalsel Banjarmasin
  2. Jembatan Rumpiang Marabahan
  3. Pantai Pagatan Tanah Bambu
  4. Di atas Hotel Dafam Syari'ah Banjarbaru
  5. Gunung Kayangan Pelaihari.

Baca Juga: Masjid Ini Patok Biaya Membukakan Puasa Sebanyak 6 Juta Rupiah

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner