Tak Berkategori

Pemilu Serentak 2019, Kapolda Kalsel Jamin Pemungutan Suara Aman

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menjamin pemungutan suara dalam Pemilu Serentak 2019…

Featured-Image
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani. Foto-Dok Humas Polda Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN – Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menjamin pemungutan suara dalam Pemilu Serentak 2019 lancar dan aman. Demikian disampaikan Yazid usai memantau tempat pemungutan suara atau TPS di Sungai Jingah Banjarmasin Utara, siang.

“Pelaksanaan Pemilu di Kalsel, berjalan dengan sangat damai, ini menunjukkan bahwa masyarakat Kalsel sudah sangat dewasa dalam demokrasi,” kata jenderal polisi bintang dua ini, dikutip bakabar.com dari Antara.

Baca Juga:Ada yang Tak Dapat Kertas Suara DPD di Banjarmasin

Yazid menilai warga Banua sangat dewasa dalam berdemokrasi. Ini dibuktikan dengan pelaksanaan pemilihan umum pada Rabu (17/4) berjalan kondusif dan damai.

Tak mau jemawa, pihaknya tetap siaga melaksanakan pengamanan mulai dari proses Pemilu hingga tahapan-tahapan selanjutnya.

Seperti pada puncak pelaksanaan Pemilu, seluruh TPS dijaga aparat kepolisian dan aparat keamanan lainnya, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Selain itu, Polda juga menyiapkan tim pengamanan cadangan, termasuk tim patroli sekala besar, untuk mengantisipasi bila terjadi kendala yang tidak diinginkan.

“Kita selalu mengawasi dan mengamankan setiap tahapan pelaksanaan Pemilu, agar tetap berjalan dengan aman, tertib, sejuk dan kondusif,” katanya.

Bersama Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, Yazid memantau langsung perisapan pencoblosan, malam tadi.

Kepada bakabar.com, kapolda menyebut tidak ada daerah rawan konflik dengan pengamanan khusus di wilayah Kalsel.

Menurutnya semua personel baik TNI atau Polri sudah bersinergi dengan baik dalam mengamankan proses demokrasi.

“Antusias masyarakat dalam situasi pemilu ini berjalan dengan aman. Semoga saja sampai tahapan selanjutnya masih terjaga kondisi pemilu lancar begini,” harapnya.

Kapolda menjelaskan setiap rangkaian kunjungannya bersama Forkompinda lainnya bertujuan untuk melakukan kontrol langsung kesiapan petugas di lapangan saat pelaksanaan pencoblosan.

Kontrol langsung tersebut juga bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam pengamanan Pemilu 2019.

“Kita bergerak terus, hari ini (kemarin) juga kita melakukan kontrol langsung. Tujuannya mengecek kesiapan personel TNI dan Polri, kemudian memberikan keyakinan bahwa kehadiran TNI Polri adalah memberikan rasa aman dalam konteks pengamanan Pemilu 2019,” ujarnya.

Ya, hari ini 17 April, KPU menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019.

Pemilu 2019 kali ini melaksanakan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Puluhan ribu caleg itu telah terdaftar dalam 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus untuk di Provinsi Aceh.

Seluruh caleg akan bertarung untuk memperebutkan 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD.

Baca Juga:KPU Kalsel: Kita akan Penuhi Hak Suara Warga Binaan Pemasyarakatan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner