Tak Berkategori

Pengurus Cabor Masih Impikan Sports Center di Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah pengurus cabang olahraga di Kalsel masih mengimpikan dibangunnya sports center. Sekali pun…

Featured-Image
Ilustrasi sports center. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah pengurus cabang olahraga di Kalsel masih mengimpikan dibangunnya sports center. Sekali pun rencana itu sempat gencar digemborkan, lalu tenggelam seiring Kalsel gagal jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Tahun lalu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berhasrat ingin jadi tuan rumah PON 2024. Bahkan rencana ini sudah dibahas di DPRD, dan kabarnya untuk membangun sports center dianggarkan ratusan miliar dari APBD 2018.

Asumsinya, jika terpilih jadi tuan rumah maka pembangunan sport center di Kalsel makin mudah direalisasi. Sayangnya keinginan jadi tuan rumah PON gagal. Pada proses voting dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) di Hotel Bidakari, Jakarta, 24 April 2018 lalu, Kalsel kalah dari Sumut-Aceh.

“Kalau kita terpilih jadi tuan rumah PON waktu itu, maka akan dibangun segera sport center. Tapi karena tidak terpilih, ya mungkin agak lambat,” kata Ketua Harian KONI Kota Banjarmasin, H Djumaderi Masrun, Sabtu (23/3).

Baca Juga:Tak Masuk Anggaran Dispora, PSSI Kalsel Tetap Inginkan Tuan Rumah Pra PON

Meski demikian menurutnya rencana pembangunan itu mestinya tetap dilanjutkan.

“Memang perlu sports center itu. Kelasnya Kalsel kita harus ada sports center. Karena Kalsel di tingkat nasional punya prestasi. Ya mudahan setelah kita tidak jadi tuan rumah tetap dilanjutkan, itu tuntutan,” terang mantan Ketua KONI Banjarmasin dua periode ini.

Djumaderi juga masih ingat ketika Ketua KONI Kalsel sekarang, Bambang Heri Purnama akan menghibahkan tanahnya untuk dijadikan sports center sebelum pemilihan. “Kemarin rencananya ia menghibahkan tanah 300 hektar. 100 hektar untuk sports center di Banjarbaru,” ungkap Djumaderi yang merupakan caleg PAN dapil Banjarbaru dan Tala ini.

Bambang sendiri menduduki orang nomor satu di organisasi segala induk olahraga Kalsel menggantikan HA Sulaiman HB. Ia terpilih aklamasi memimpin KONI Kalsel masa bakti 2017-2021.

Apa yang disebutkan Djumaderi juga dibenarkan pengurus harian Gantole Kalsel, H Syamsuri. Bahkan menurut Syamsuri, ia bersama pengurus lainnya pernah dijanjikan dibangunnya sports center jika Bambang berhasil terpilih. Kini ia pun masih berharap itu dapat diwujudkan.

“Sebagai calon ketua KONI, itu kan ada visi dan misi, malahan ada perjanjian, apabila terpilih, waktu itu Plt (menggantikan) almarhum H Leman (HA Sulaiman HB), akan memberikan 100 ha tanah untuk sport center. Ya kita welcome, kita gembira semua cabor secara aklamasi memilih beliau. Masalahnya tinggal kolaborasi dengan Pemda. Pemda membangunnya, dia tanahnya. Tapi sampai ini belum terwujud,” ujar Syamsuri usai pertemuan seluru pengurus cabor dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel yang baru, Hermansyah di Hotel Nasa Banjarmasin, Sabtu (23/3).

Menurutnya dengan adanya sports center cabor di Kalsel bisa berkembang. “Itu harapan kami tidak ada embel-embel apa lagi. Kita berharap kita punya sport center di Kalsel, itu saja,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kalsel Hermansyah tidak membantah jika Kalsel akan membangun sport center. Meski demikian, ia enggan berkomentar lebih jauh. “Iya betul,” begitu katanya singkat.

Baca Juga: Simulasi Arus Lalin, Jembatan Alalak Ditutup Sementara

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner