Nasional

Warna Merah Identik dengan Perayaan Tahun Baru Imlek, Mengapa?

apahabar.com, JAKARTA – Pemilihan warna merah bukanlah tanpa sebab. Berdasarkan kepercayaan etnis Tionghoa, merah identik dengan…

Featured-Image
Sejumah orang memakai kostum era Dinasti Qing (1636-1912) saat melaksanakan ritual pengucapan syukur kepada Bumi. Foto-EPA

bakabar.com, JAKARTA – Pemilihan warna merah bukanlah tanpa sebab. Berdasarkan kepercayaan etnis Tionghoa, merah identik dengan keberuntungan.

Pakar fengshui, Suhu Yo, dilansir oleh detik.com, mengungkapkan baju warna merah menjadi salah satu perlengkapan wajib saat Tahun Baru Imlek.

“Warna merah itu warna yang menggambarkan kegembiraan,” ujar Suhu Yo kepada Wolipop baru-baru ini.

Dia juga menambahkan, menggunakan baju warna merah menyimbolkan kehidupan manusia seperti kembali baru. Hal serupa juga disampaikan Rizky Wardhani, dosen bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

“Warna merah bagi orang Tionghoa melambangkan keberuntungan sekaligus lambang kehidupan,” Rizky seperti dikutip detik.com, dari CNNIndonesia.com.

Baca Juga:Pastikan Aman, Kapolresta Banjarmasin Tinjau 3 Tempat Ibadah Konghucu di Malam Imlek

Pemilihan warna merah pada saat Tahun Baru Imlek ini sudah terjadi selama lebih dari 2.000 tahun. Dalam tradisi Tiongkok, terdapat lima elemen penting, yakni air, api, kayu, logam, dan tanah.

Sesuai dengan urutan, warna yang mewakili kelima elemen tersebut secara berurutan adalah, hitam, merah, biru-hijau, dan kuning. Orang Tiongkok kuno punya keyakinan bahwa lima elemen tersebut yang membuat segala sesuatu di alam raya.

Tirto.id menyebut, legenda warna merah dimulai dengan Nian, binatang buas yang akan meneror penduduk desa di tahun baru. Binatang ini memakan tanaman, ternak, dan bahkan anak-anak.

Tetapi penduduk desa mengetahui bahwa binatang setengah banteng dengan kepala singa ini takut akan tiga hal; api, kebisingan, dan merah

Baca Juga:Pengamanan Imlek 2019: Dua Anjing Pelacak Diterjunkan di Banjarmasin

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner