Tak Berkategori

Tips Hemat Biar Akhir Bulan Enggak Kere

apahabar.com, JAKARTA – Bagaimana perasaan Anda jika mendekati akhir bulan? Gundah, gelisah atau biasa saja? Buat…

Featured-Image
Ilustrasi hidup hemat. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA – Bagaimana perasaan Anda jika mendekati akhir bulan? Gundah, gelisah atau biasa saja? Buat yang merasa biasa saja, mungkin Anda termasuk orang yang tidak memiliki masalah di akhir bulan.

Agar hidup tenang, simak kiat menghemat uang yang dilansir dari Cekaja.com :

Keuangan di akhir bulan memang biasa menipis. Asalkan semua kebutuhan sudah terpenuhi, mulai bayar listrik, PDAM, cicilan dan biaya lainnya, maka seharusnya sudah tidak ada lagi yang harus dipikirkan.

Namun, tetap saja banyak orang terutama kalangan anak kos baik mahasiswa atau pekerja yang masih single masih kelimpungan menghemat uang di akhir bulan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan uang belanja Anda untuk keperluan prioritas seperti biaya makan sehari-hari. Upayakan untuk stop sementara belanja yang membuat boros seperti beli rokok, kopi dan pengeluaran lain.

Bawa bekal sendiri

Makan di luar adalah salah satu yang membuat keuangan Anda boros setiap harinya. Apalagi mendekati akhir bulan, jangan deh. Upayakan lebih baik Anda bawa bekal sendiri di rumah untuk menghemat uang.

Sebagai perbandingan, jika biaya makan Anda mencapai Rp50.000 per hari, maka Anda bisa lebih hemat jika belanja bahan sayuran dan memasak sendiri di rumah untuk di bawa ke tempat kerja atau ke kampus.

Sebagai contoh, untuk sarapan bubur satu mangkuk Anda bisa menghabiskan Rp10.000, makan siang Rp15.000, makan malam Rp15.000 dan air mineral Rp10.000. Total Rp50.000.

Namun apabila Anda belanja dan memasak sendiri Anda bisa menggunakan uang Rp50.000 untuk 10 potong tahu yang bisa dimasak 3 hari Rp10.000, satu papan tempe yang juga bisa dimasak tiga hari Rp10.000, bahan sayur sop Rp10.000 untuk dua hari.

Anda juga bisa beli kerupuk Rp5.000 isi 5 untuk dua hari, dan ayam goreng seperempat Rp15.000 untuk dua hari. Total Rp50.0000. Dengan catatan, belanja bahan dan memasak sendiri ini dengan asumsi bumbu dan minyak goreng sudah tersedia ya.

Baca Juga:Terlalu Sering Selfie Ternyata Dapat Munculkan Efek Negatif

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner