Tak Berkategori

April, SMP di Tanah Bumbu Berbasis Komputer

apahabar.com, BATULICIN – Sekolah menengah pertama (SMP) di Tanah Bumbu segera berbasis komputer, setelah pemerintah setempat…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Sekolah menengah pertama (SMP) di Tanah Bumbu segera berbasis komputer, setelah pemerintah setempat menggelontorkan dana Rp 10 miliar untuk sektor pendidikan di 2019 ini.

“Dana tersebut diambil melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, didampingi Sekretaris, Abdul Latif, Senin (21/1), dikutip dari Antara.

Dana tersebut akan difokuskan untuk pengadaan komputer yang digunakan seluruh SMP di Tanah Bumbu dalam melakasanakan UNBK.

Jumlah komputer yang diperlukan setiap sekolah akan berbeda-beda. Dalam perhitungannya, minimal yang diperlukan 30 persen dari jumlah siswa setiap sekolah.

“Apabila sekolah yang bersangkutan memiliki 100 siswa maka 30 komputer yang diperlukan,” katanya.

Secara keseluruhan, Tanah Bumbu memiliki total 60 SMP, dan rencananya seluruh sekolah tersebut akan melaksanakan UNBK. Dari jumlah tersebut hanya satu yang tidak memiliki listrik. Persiapan, pelatihan kepada 120 orang untuk menjadi proktor dan teknisi yang direkrut dari masing-masing sekolah guna mendampingi pelaksanaan UNBK telah beres.

Baca Juga:Rekrut Relawan Demokrasi, KPU Tanbu juga Sasar Warganet

Masing-masing sekolah akan mendapatkan dua orang proktor dan teknisi, sehingga sekolah yang bersangkutan memiliki teknisi khusus untuk mengurangi kendala selama ujian. Kini, unit komputer yang dipesan untuk digunakan masih dalam proses pemesanan, dan rencananya seluruhnya akan menggunakan “personal computer”.

“Bukan mengunakan laptop, dan kami pastikan barang tersebut akan segera datang sebelum April 2019,” tuturnya.

Bagaimana bagi SMP yang belum memiliki jaringan listrik?

Kata dia, sekolah yang bersangkutan akan melaksanakan ujian di sekolah induk yang sudah memilki jaringan listrik.

“Sejauh ini di Tanah Bumbu baru ada satu sekolah yang belum memilik jaringan listrik,” katanya.

Baca Juga:Raih Piala Adipura, Pemkab Tanbu Gelar Syukuran

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner