News

Zainudin Amali Mundur Dari Menpora, Airlangga Diminta Siapkan Pengganti

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto diminta untuk mencari pengganti Menpora Zainudin Amali yang bakal mundur demi menjabat Wakil Ketua Umum I PSSI. 

Featured-Image
Menpora Zainudin Amali menggelar konferensi pers seusai pertemuan dengan klub Liga 2 dan asosiasi pemain terkait kelanjutan Liga 2 (Foto: apahabar.com/Bambang)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, diminta untuk mencari pengganti Menpora Zainudin Amali yang bakal mundur demi menjabat Wakil Ketua Umum I PSSI. 

Meski baru secara informal mengundurkan diri, jabatan Menpora ditengarai masih menjadi jatah Partai Golkar. 

"Kalau soal nama ya tentu kita serahkan kepada Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar, siapa yang direkomendasikan," papar pengamat politik Ujang Komarudin kepada bakabar.com, Selasa (21/2).

Menurutnya, Partai Golkar takkan kekurangan kader yang potensial didapuk menjadi menteri di kabinet Jokowi-Maruf Amin. Terlebih posisi yang ditinggalkan Zainudin Amali relatif strategis. 

"Sosok yang layak menggantikan Zainudin Amali seusai mundur, Golkar itu tidak kekurangan stok untuk bisa menjadi menteri dan pejabat-pejabat lain," sambungnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengaku telah mengantongi izin dari Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Waketum PSSI mendampingi Erick Thohir yang didapuk sebagai Ketua PSSI dalam Kongres Luar Biasa, beberapa waktu lalu.

Amali enggan membeberkan secara detail dan melempar seluruh pihak untuk menafsirkan izin Jokowi terhadap Amali.

"Sudah jangan dijelaskan panjang-panjang lagi itu. Masa kalian tanya lagi. Jadi, beliau (Presiden) sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Erick Thohir, Ratu Tisha dan teman-teman Exco PSSI," jelas Amali, Senin (20/2).

Namun Jokowi belum mengantongi surat resmi dari Amali yang merelakan jabatan Menpora demi menjadi Wakil Ketum PSSI mendampingi Erick Thohir.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," tukas Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2).

Editor
Komentar
Banner
Banner