Hot Borneo

Wow! Alat Peretas Buatan Pemuda Amuntai Pernah Serang Apple, PayPal dan Amazon

apahabar.com, BANJARMASIN – RN, pemuda Amuntai yang ditangkap Interpol-FBI sempat membuat heboh dunia internasional pada 2019…

Featured-Image
RNS, pemuda asal Amuntai, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, yang ditangkap Interpol-FBI dilimpahkan ke Kejari Banjarbaru. Foto-Instagram

bakabar.com, BANJARMASIN – RN, pemuda Amuntai yang ditangkap Interpol-FBI sempat membuat heboh dunia internasional pada 2019 silam.

Pada saat itu, RN muncul dalam laporan Akamai sebagai pengembang yang diidentifikasi di balik 16Shop.

Alat peretas ini menargetkan sejumlah perusahaan teknologi besar dunia seperti Apple, Paypal, Amazon, hingga penyedia kartu kredit American Express.

Dilansir bakabar.com dari Cyberthreat.id, perusahaan antivirus McAfee menyebut pengembang 16Shop berasal dari Indonesia dengan alamat email [email protected].

Selain itu, RN juga disebut dalam laporan perusahaan keamanan siber ZeroFOX yang berbasis di Amerika Serikat.

Dalam laporan yang dipublikasikan pada 1 Maret 2021, ZeroFOX menyebut 16Shop telah dipakai untuk mencuri kredensial (username dan password) para pengguna aplikasi Cash App, sebuah layanan pembayaran via ponsel yang dikembangkan Square Inc.

Berdasarkan jejak digital, menurut ZeroFOX, 16Shop dibuat seseorang dengan samaran DevilScreaM, yang belakangan terlacak nama RN dari Indonesia.

Akan tetapi, kepada Cyberthreat.id, RN mengaku sudah berhenti sebagai pembuat dan pengembang 16Shop sejak akhir 2019 dan beralih ke dunia fotografi.

“Sejak 2019 akhir atau 2020 saya sudah berhenti menjadi pembuat atau pengembang 16 Shop. Saya mengakui pada tahun 2017-2019 itu adalah saya, tapi sekarang sudah bukan saya lagi,” kata RN kepada Cyberthreat.id.

RN berdalih namanya disangkutpautkan karena rekam jejaknya sebelumnya sebagai pembuat 16Shop.

Pada Desember 2017, ia bersama satu rekannya menjalankan 16Shop. Namun ia memilih berhenti sejak akhir 2019.

Artinya 16Shop hanya dijalankan oleh satu pengembang.

RN mengaku pengembang 16Shop yang sekarang yang membuat phishing kit untuk Cash App itu.

Pengembang itu, kata RN, juga berasal dari Indonesia dan seorang kenalannya, yang sejak awal telah bersamanya membuat 16Shop.

RN membenarkan jika alamat email yang ditemukan ZeroFOX adalah miliknya.

Ia mengklaim, emailnya cuma digunakan oleh pengembang 16Shop saat ini (kenalannya) untuk mengetes sebuah aplikasi karena email itu memiliki akun di Cash App.

“Email ini sebelumnya dibuat hanya untuk membuat akun-akun saja, mengirim konfirmasi email dan lain-lainnya. Pengembang sekarang adalah kenalan saya juga. Kemungkinan dia lupa menghapus email tester ([email protected]) sebelum merilis Cash App tersebut. Karena dalam pembuatan phising, inspect element merupakan tools utama juga,” jelasnya.

Mengenai tangkapan layar Instagram-nya yang ditemukan Zerofox, RN membenarkan bahwa kit phising yang dibuatnya untuk American Express sekitar 1 tahun 7 bulan lalu.

Akan tetapi, menurutnya, itu bukan untuk 16Shop melainkan kebutuhan pribadi.

“16Shop memang menawarkan untuk menargetkan American Express yang saat itu dirilis April tahun 2020, tetapi pada saat itu pengembangnya bukan saya lagi. Bahkan struktur kode di halaman yang digunakan juga berbeda dengan punya saya,” ujarnya.

Ia pun mengaku dalam pembuatan kit phising dirinya tidak pernah memanfaatkannya secara pribadi.

“Sejujurnya saya hanya menjual phising kit tersebut, tetapi memakai phising tersebut seperti menyebar ke email dan sebagainya saya tidak pernah,” katanya.

Ditanya mengapa berhenti dari aktivitas 16Shop, RN mengatakan faktor utamanya takut dan jenuh di dunia phising.

Sejak berhenti pada akhir 2019, RN mengakui pada Maret 2020 membuat situs pemantauan COVID-19 beralamat di kasuscorona.id. Namun, saat diakses, situs itu sudah tidak aktif lagi.

“Sudah di-suspend sama penyedia hostingnya,” tutupnya.



Komentar
Banner
Banner