Fitur WhatsApp Terbaru

WhatsApp Business Hadirkan Flows, Fitur buat Transaksi dalam 1 Chat

WhatsApp Business merilis fitur baru bernama "Flows" yang memudahkan pengguna untuk bertransaksi dalam satu obrolan (chat).

Featured-Image
WhatsApp Business hadirkan Flows, fitur buat transaksi dalam 1 chat. Foto: dok. Unsplash/Alexander Shatov

bakabar.com, JAKARTA - WhatsApp Business merilis fitur baru bernama "Flows" yang memudahkan pengguna untuk bertransaksi dalam satu obrolan (chat).

"Saya sangat bersemangat untuk mengumumkan beberapa fitur baru yang akan membawa perubahan besar bagi bisnis dan sangat berguna bagi banyak orang, kami sebut Flows WhatsApp," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam konferensi virtual di India, Rabu (20/9) lalu.

Fitur "Flows" berfungsi untuk menyesuaikan obrolan secara otomatis yang disesuaikan kebutuhan sang pengguna bisnis kepada konsumen. 

Contohnya, perusahaan perbankan dapat menyediakan cara bagi nasabah untuk membuat janji dalam membuat rekening baru.

Baca Juga: Merasa Ribet dengan Channel WhatsApp? Begini Cara Mengeluarkannya

Contoh lain yang Mark sebutkan adalah maskapai penerbangan dapat membantu penumpang untuk melakukan check-in penerbangan, maupun memesan kursi.

Melalui "Flows", transaksi tersebut dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan obrolan atau chat. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengunduh banyak aplikasi.

Sementara itu, Vice President of Product Management for Business Messaging Meta, Nikila Srinivasan mengatakan fitur baru dalam WhatsApp Business ini dapat membuat usaha kecil berkembang dan menjangkau lebih banyak calon konsumen.

"Kami sangat bersemangat untuk terus mengembangkan investasi usaha kecil dan memikirkan bagaimana kita bisa membuat bisnis mereka lebih besar dengan terhubung secara efisien dengan pelanggan mereka," kata Nikila.

Baca Juga: Tampilan Status WhatsApp Jadi 'Pembaruan', Mirip Story Instagram

WhatsApp Business sendiri telah digunakan oleh lebih dari 200 juta pengguna di dunia, meningkat signifikan dari 50 juta pengguna pada pertengahan 2020.

Sepanjang tiga tahun terakhir, WhatsApp juga bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan untuk melatih lebih dari 30.000 UKM di Indonesia untuk digitalisasi pemasaran.

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari target pemerintah untuk mendigitalisasikan 30 juta UMKM pada 2024.

Editor


Komentar
Banner
Banner