Olahraga

Welber Halim Jardim Kantongi Paspor Indonesia, Diplot Bela Timnas U-17

Resmi sudah Welberlieskott de Halim Jardim menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Peluang memperkuat Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 pun semakin besar.

Featured-Image
Ketua PSSI, Erick Thohir, berdialog dengan Welberlieskott de Halim Jardim dan Aaron Liam Suitela di sela pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17. Foto: PSSI

bakabar.com, BANJARMASIN - Resmi sudah Welberlieskott de Halim Jardim menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Peluang memperkuat Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 pun semakin besar.

Putra mantan pemain asing Barito Putera, Elizangelo de Jesus Jardim, tersebut telah mengantongi paspor Indonesia yang dikeluarkan KBRI Brasil.

Fakta itu diumumkan pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, melalui akun Instagram pribadi, Sabtu (9/9).

"Alhamdulillah... Untuk Indonesia. Terima kasih Pemerintah RI, PSSI, KBRI Brasil," tulis Bima Sakti.

Sementara Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga mengonfirmasi status WNI yang telah dimiliki Welber Halim Jardim.

"Welberlieskott de Halim Jardim, diaspora muda Indonesia yang bermain di Sao Paolo Brasil akan bergabung dengan tim U-17 dan berlaga di Piala Dunia mendatang. Selamat bergabung Garuda Muda!" papar Erick melalui akun Instagram pribadi, Minggu (10/9).

Dilansir dari CNN, Welber sebelumnya absen dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 selama sepekan terakhir di Solo.

Penyebabnya remaja kelahiran Banjarmasin 25 April 2007 tersebut mengurus legalitas kewarganegaraan di Brasil.

Baca Juga: Direkomendasikan ke Timnas Indonesia, Instagram Ibu Welber Diserbu Warganet

Welber pun sengaja tidak dilibatkan dalam pertandingan uji coba melawan Korea Selatan di Stadion Patriot Candrabhaga, 30 Agustus 2023 lalu.

Namun Welber direncanakan dibawa dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17. Digelar di Jerman, pemusatan latihan akan dimulai 17 September hingga 23 Oktober 2023.

Adapun Piala Dunia U-17 akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia. Sementara pengundian grup dilakukan 15 September 2023 di Swiss.

Selain Welberlieskott de Halim Jardim, terdapat tujuh pemain dispora lain yang menjalani pemusatan latihan Timnas U-17. Namun tidak semua dianggap memenuhi kebutuhan.

Termasuk Welberlieskott de Halim Jardim, mereka yang dipertahankan adalah Igor Arungbumi Sanders, Althaf Fawwaz Khan dan Aaron Liam Suitela.

Sebaliknya Aaron Nathan Ang, Staffan Qabiel Horrito, Mahesa Ekayanto dan Madrid Augusta dipulangkan oleh PSSI.

Welber sendiri berposisi sebagai fullback kanan, tetapi juga dapat ditempatkan menjadi gelandang bertahan.

Baca Juga: PSSI Direkomendasikan Menaturalisasi Putra Mantan Gelandang Barito Putera

Masih berusia 16 tahun, putra sulung pasangan Elisangelo 'Liu' de Jesus Jardim dan Lielyana Halim itu telah mendapat kontrak profesional dari Sao Paolo.

Sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, warga keturunan berumur di bawah 21 tahun masih berstatus sebagai WNI dengan hak kewarganegaraan terbatas.

Pun Welber merupakan anak dari seorang WNI langsung, bukan pemain keturunan dari nenek atau kakek.

Hal tersebut membuat Welber hanya harus membuat paspor Indonesia, sebelum bisa bermain bersama Garuda Muda di Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Baca Juga: Bacuya Muncul Lagi, Sekarang Jadi Maskot Piala Dunia U-17 Indonesia

Editor
Komentar
Banner
Banner