Kalteng

Water Bombing Karhutla di Kapuas Kalteng Habiskan 5 Juta Liter Air

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Upaya pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas,…

Featured-Image
Tampak dari atas kekabaran lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Kapuas Murung, Kalteng. Foto/Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Upaya pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalteng, tak hanya dilakukan melalui jalur darat, tetapi juga udara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan pemadaman melalui udara dilakukan karena lokasi Karhutla sulit dijangkau.

“Lokasinya sulit dijangkau baik jalan kaki, menggunakan kendaraan roda empat, maupun roda dua,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (13/10).

Panahatan Sinaga mengungkapkan pada 11 Oktober 2020, pemadaman Karhutla melalui udara atau water bombing di wilayah Kecamatan Kapuas Murung dilakukan sebanyak dua kali.

“Water bombing pertama sebanyak 140 ribu liter air yang dijatuhkan. Kemudian water bombing yang kedua sebanyak 120 ribu liter air,” ujarnya.

Secara keseluruhan, water bombing untuk penanganan Karhutla di Kabupaten Kapuas dilakukan 1.159 kali dengan jumlah air yang digunakan lebih dari 5 juta liter.



Komentar
Banner
Banner