Kalteng

Waspada Teror Ular di Palangka Raya, Musim Hujan Waktunya Piton-Kobra Menetas

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Seekor ular jenis piton sepanjang 4,5 meter berhasil diamankan oleh Tim Emergency…

Featured-Image
Tim Emergency Response Palangka Raya saat melakukan evakuasi ular piton sepanjang 4,5 meter di kandang ternak milik warga. Foto-Ist.

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Seekor ular jenis piton sepanjang 4,5 meter berhasil diamankan oleh Tim Emergency Response Palangka Raya, Kalteng, dari kandang ternak milik warga, Senin (6/12) dini hari.

Ular piton atau ular sawa oleh penduduk lokal ini, dilaporkan memangsa hewan ternak ayam milik warga Jalan Hiu Puting XIII, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya.

Anggota ERP, Yustinus Exaudi mengatakan, ular tersebut saat hendak dievakuasi masih berada di dalam kandang ayam milik warga, dan sudah memangsa 2 ekor ayam.

“Untuk evakuasi ular ini kita membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan alat penjepit, sepertinya ular ini baru saja membunuh dua ekor ayam namun belum dimakan,” kata Yustinus.

Usai melakukan evakuasi ular tersebut, selanjutnya ular sawa dibawa ke Kantor BKSDA Kalteng untuk nantinya kembali dilepasliarkan.

Sementara itu, teror ular ini sudah sering terjadi di komplek pemukiman warga Kota Palangka Raya sejak beberapa bulan terakhir.

Tidak hanya jenis piton, ular jenis kobra juga kerap masuk ke dalam rumah warga saat siang hari maupun malam hari.

Dari berbagai sumber yang didapat, diduga eksistensi ular yang sering meneror warga ini akibat pengaruh cuaca hujan yang cukup tinggi, sehingga sarang ular yang biasa di dalam lubang dekat pemukiman warga terkena banjir. Sehingga membuat hewan reptil ini berpindah tempat.

Selain itu, di saat musim hujan ini ular juga sering menetaskan telornya. Sehingga populasinya menjadi semakin meningkat.

Jika tidak waspada, ular yang masuk ke dalam rumah warga ini bisa membuat sarang di dalam rumah, karena disaat musim hujan ular mencari tempat yang hangat.

Untuk mencegah hal tersebut, warga diminta untuk rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal dan segera melaporkan jika menemukan ular yang masuk ke kawasan tempat tinggal warga.



Komentar
Banner
Banner