Kabut Puncak Bogor

Waspada! Jarak Pandang Terbatas di Puncak Bogor saat Long Weekend

Polisi mengimbau pengendara yang melintas di Jalan Raya Puncak agar waspada apabila melintasi wilayah puncak.

Featured-Image
Ilustrasi kabut di Puncak Bogor (Foto: Unsplash).

bakabar.com, BOGOR - Satlantas Polres Bogor mengimbau pengendara yang melintas di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, waspada dengan kemunculan kabut saat libur akhir pekan panjang (long weekend) mulai besok, Kamis (1/6).

Kabut kerap muncul di kawasan Riung Gunung hingga Rindu Alam yang mendekati perbatasan dengan Cianjur. Kabut di kawasan tersebut bisa membuat jarak pandang hanya 20 meter.

"Apabila di Riung Gunung sampai dengan Rindu alam itu kalau misalkan turun kabut memang jarak pandang hanya 20 meter," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, kepada wartawan, Rabu (31/5).

Baca Juga: Terkendala Kabut, Kapolri Gunakan Modifikasi Cuaca Buat Evakuasi Kapolda Jambi

Kabut juga muncul di wilayah lain selain Riung Gunung hingga Rindu Alam. Namun jarak pandang masih mencapai 100 meter.

"Kalau untuk yang berkabut itu seputar Riung Gunung sampai dengan perbatasan Rindu Alam. Kalau di bawah Riung Gunung masih ada kabut, namun jarak pandang masih aman 100 meter," terangnya.

Ardian mengatakan pengendara harus hati-hati saat kabut itu mulai turun. Terutama karena karakteristik jalur Puncak yang relatif bermedan sulit.

"Tetap berhati-hati karena karakteristik jalan itu tikungan, tanjakan. Sehingga yang akan berkendara itu kan harus memperhatikan keselamatan, kecepatan harus diatur," ucapnya.

Baca Juga: Jakarta, Bandung dan Yogya Hujan, Pontianak Berkabut

Dia juga mengimbau pengendara untuk memastikan kendaraan dan kondisi fisik pengendara dalam keadaan baik.

Pengendara juga diimbau untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Terakhir, dia mengimbau untuk waspada cuaca tak menentu dengan tidak memarkirkan kendaraan di area rawan longsor.

"Khawatir di kawasan Puncak ini kan sering terjadi longsor atau pohon tumbang, sehingga hindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Ardian.

Editor


Komentar
Banner
Banner