Kalteng

Warga Sungai Pinang Kapuas Kini Punya Alat Peringatan Dini Banjir

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, telah memasang alat sistem…

Featured-Image
Alat peringatan dini banjir yang dipasang di Desa Sei Pinang, Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, telah memasang alat sistem peringatan dini banjir di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Mandau Telawang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengharapkan masyarakat Desa Sungai Pinang dapat menjaga alat peringatan dini banjir atau flood early warning system (FEWS) tersebut.

“Saya titip kepada warga Sungai Pinang alat FEWS ini, dirawat dan dijaga karena sangat membantu. Apabila malam hari debit air naik maka alat ini dapat memberikan peringatan dari mulai level satu sampai tiga,” kata Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Kamis (17/9).

Menurut Sinaga alat FEWS merupakan bantuan dari BNPB Pusat. “Jadi, kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB,” ucapnya.

Dijelaskan mantan Kabag Umum Setda Kapuas ini, alat FEWS merupakan sebuah tatanan penyampaian informasi hasil prediksi terhadap sebuah ancaman kepada masyarakat sebelum terjadinya sebuah peristiwa yang dapat menimbulkan resiko.

Tujuan alat ini untuk memberikan peringatan agar penerima informasi dapat segera siap siaga dan bertindak sesuai kondisi, situasi dan waktu yang tepat.

“Sehingga diharapkan akan dapat meminimalkan resiko jika bencana itu terjadi,” jelas Sinaga.

Dengan terpasangnya alat FEWS di Desa Sungai Pinang diharapkan selain menjadi peringatan dini bagi wilayah desa tersebut, juga bisa menjadi peringatan dini bagi wilayah desa dan kecamatan sekitar.



Komentar
Banner
Banner