Kalteng

Warga Kapuas Kalteng Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Warga di Kabupaten Kapuas, Kalteng diimbau agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang…

Featured-Image
Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Warga di Kabupaten Kapuas, Kalteng diimbau agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini seperti angin kencang, hujan lebat disertai kilat dan petir.

Badan Meteoreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Kalteng, baru-baru ini merilis prakiraan cuaca mingguan untuk wilayah di Kalimantan Tengah. Prakiran cuaca tersebut berlaku dari 23 sampai 29 Desember 2020.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, wilayah Kabupaten Kapuas masih berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan dalam beberapa hari ini di Kapuas terjadi angin puting beliung yang menyebabkan sejumlah rumah warga di tiga desa mengalami kerusakan ringan dan rusak berat.

Selain itu, angin kencang yang terjadi beberapa hari lalu juga menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas.

"Salah satunya pohon yang ada di Taman Hutan Kota Jalan Tambun Bungai depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kapuas," katanya kepada bakabar.com, Jumat (25/12).

Untuk itu, Panahatan Sinaga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kapuas agar waspada. Apabila melihat gumpulan awan keabu-abuan dan suara mendengung agar segera keluar rumah dan mencari tempat berlindung yang aman.

"Karena gumpalan awan ke abu-abuan dan ada suara mendengung itu merupakan tanda-tanda akan adanya angin puting beliung," terang Panahatan.

Begitu juga dengan para pengguna jalan raya, Panahatan Sinaga juga mengingatkan agar berhati-hati karena saat kondisi cuaca ekstrem saat ini rawan terjadi pohon tumbang yang dapat membahayakan keselamatan.



Komentar
Banner
Banner