Nasional

Wakili Kalsel, SLBN Tanah Bumbu Raih Perunggu di Lomba Kriya Kayu Tingkat Nasional

SLB Negeri Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil menyabet medali perunggu pada lomba kriya kayu di event Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan K

Featured-Image
Ancah, dari SLBN Tanbu berhasil menyabet pedali perunggu pada Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS-PDBK) tingkat Nasional tahun 2023. Foto-Dok SLBN Tanbu

bakabar.com, BATULICIN - SLB Negeri Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil menyabet medali perunggu pada lomba kriya kayu di Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS-PDBK) tingkat Nasional tahun 2023. 

Meski tak berhasil meraih emas, tapi keberhasilan ini sudah disyukuri oleh keluarga besar SLB Negeri Tanah Bumbu. Apalagi tensi tinggi lomba di event nasional membuat semuanya tidak mudah. 

"Ini jadi tantangan untuk semua provinsi, karena sama-sama tidak ada latihan. Murni kreativitas dan skill peserta," ucap Safarudin sebagai guru pendamping, kepada bakabar.com, Kamis (12/10).

Baca Juga: Eks Bupati HST Divonis 6 Tahun Penjara Berikut Uang Pengganti Rp30,9 Miliar

Safarudin menjelaskan di dalam petunjuk teknis lomba, peserta diminta membuat peralatan dapur seperti garpu centong dan sendok. Namun, saat lomba peserta malah diminta membuat sushi plate, sebuah wadah untuk meletakkan sushi, makanan asal Jepang. 

"Tapi alhamdulillah, Ancah bisa naik panggung megah," ucapnya.

Ancah, pelajar SLBN Tanah Bumbu yang saat mengikuti lomba kriya kayu. Foto-Dok SLBN Tanbu
Ancah, pelajar SLBN Tanah Bumbu yang saat mengikuti lomba kriya kayu. Foto-Dok SLBN Tanbu

Ancah merupakan siswa kelas 3 SMALB dengan ketunaan hambatan dengar. Ia tinggal di Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin. 

Keberhasilan naik podium di level nasional ini disambut suka cita oleh para guru di SLB Negeri Tanah Bumbu.

Baca Juga: Polisi Amankan Seorang Terduga Pembakaran Lahan di Banjarbaru

Kepala SLB Negeri Tanah Bumbu, Haryono, ikut menyambut gembira dengan keberhasilan ini. Dia berharap prestasi Ancah di level nasional bisa memotivasi para guru dan murid-murid lainnya. Sebelumnya, Ancah berhasil menyabet juara 1 pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Kalsel. 

"Ini merupakan kemenangan perdana untuk Ancah. Semoga momen ini bisa memotivasi guru-guru dan murid di SLB Negeri Tanah Bumbu," katanya. 

Apresiasi juga datang dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Melalita Anggraeni. 

"Ini adalah salah satu kebanggaan bagi keluarga besar SLB Negeri Tanah Bumbu. Semoga ke depannya semakin banyak lagi para siswa yang memenangkan juara lomba di tingkat nasional maupun provinsi. Alhamdulillah, banyak guru-guru yang berbakat dan tidak kenal lelah selalu mendampingi para siswa untuk terus belajar mengembangkan minat bakatnya," kata Mela. 

Selain Ancah, SLB Negeri Tanah Bumbu yang juga mewakili Kalsel pada lomba membatik tingkat nasional yang diwakili oleh Yanto sebagai peserta dan Rizki Ade Prakoso sebagai pendamping. 

Editor
Komentar
Banner
Banner