Pemkot Banjarmasin

Wakil Wali Kota Banjarmasin Sebut Pamor Kain Sasirangan Pernah Mendunia

apahabar.com, BANJARMASIN – Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) kelima yang dilaksanakan pada 2021 ini, menjadi momentum untuk…

Featured-Image
Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor memperhatikan motif sasirangan di Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) kelima. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) kelima yang dilaksanakan pada 2021 ini, menjadi momentum untuk kembali meningkatkan pamor kain sasirangan ke pentas nasional hingga dunia.

Pasalnya, pada 2017 lalu, keanggunan kain sasirangan pernah diperagakan oleh model internasional pada ajang London Fashion Week 2017, berkat kreatifitas desainer muda Vivi Zubedi.

“Saya merasa bersyukur pamor kain sasirangan makin mendunia berkat kreativitas desainer muda Vivi Zubedi, kain sasirangan dipercaya tampil di London Fashion Week 2017, bukan hanya sekedar tampil, karya desainnya pun bahkan diperagakan oleh Halima Haden model internasional mantan Miss Minnesota USA," ujar Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor pada saat membuka Lomba Desain Motif Kain Sasirangan, di Rumah Anno 1925.

Maka dari itu, dalam pelaksanaan BSF 2021 juga dilaksanakan lomba desain motif sasirangan pewarna alam dan kimia se-Kota Banjarmasin.

Diikuti sekira 41 desainer se-Kota Banjarmasin, pelaksanaan lomba desain motif kain sasirangan tersebut diharapkan dapat kembali menaikkan pamor kain sasirangan ke kancah internasional.

"Ini prestasi yang luar biasa, mudah-mudahan bapak ibu sekalian terus berkarya untuk membangun Banjarmasin menjadi tuan rumah sasirangan yang sangat produktif dan hingga bisa dibawa ke seluruh muka bumi kita ini," harap Arifin Noor, Sabtu (9/10).

Selain itu, ia juga berharap dengan dilaksanakannya lomba desain tersebut, dapat menciptakan wirausaha baru untuk mendukung program Pemkot Banjarmasin.

"Kami berharap dapat mencetak wirausaha baru sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Banjarmasin untuk melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin," pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner