hari lahir pancasila

Wakil Ketua MPR Sebut Kontestasi Pemilu Perlu Berlandaskan Nilai Pancasila

Nilai-nilai Pancasila perlu menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai tersebut juga perlu menjadi acuan dalam kontestasi pemilu.

Featured-Image
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berikan pesan di hari Kelahiran Pancasila. Foto: DaelPos.

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak setiap anak bangsa memaknai Hari Lahir Pancasila dengan menguatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai komitmen berbangsa dan bernegara demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Momentum Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum untuk selalu mewujudkan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara yang terkandung di dalam dasar negara kita," kata Rerie, sapaan karibnya, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (1/6).

Baginya, setiap warga negara penting untuk melestarikan nilai-nilai dan kebhinnekaan yang terkandung dalam Pancasila, termasuk sikap gotong royong, saling menghormati, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Soekarno dan Pancasila, Ilham dari Ende untuk Indonesia

Rerie mengingatkan agar proses kontestasi pemilu dalam upaya merebut hati, dukungan, dan kepercayaan masyarakat diwarnai pula dengan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara.

"Nilai-nilai yang mencakup aspek ketuhanan, kemanusiaan dan persatuan bangsa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu sangat dibutuhkan oleh setiap warga negara ini sebagai panduan dalam mewujudkan cita-cita bangsa," ucapnya.

Rerie pun berharap setiap anak bangsa dapat semaksimal mungkin mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya. Hal ini sebagai modal utama untuk menguatkan kecintaannya pada kehidupan sebagai anak bangsa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Untuk itu, dia mengajak para pemangku kebijakan dan tokoh masyarakat untuk ikut serta mewujudkan lingkungan bernegara yang mampu melestarikan nilai-nilai Pancasila dengan memberi keteladanan kepada masyarakat.

"Jangan sampai apa yang dipraktikkan dalam proses berbangsa dan bernegara saat ini membuat generasi penerus meninggalkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya pada masa depan," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner