Info Kesehatan

Wajah Luhan Eks EXO Berkerut di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Mantan member EXO, Luhan, baru-baru ini menuai sorotan. Idol yang dulu terkenal dengan wajah tampan nan imut, sekarang justru terlihat lebih tua dengan kerutan

Featured-Image
Wajah Luhan eks EXO terlihat berkerut di sekitar mulutnya (Foto: Weibo)

bakabar.com, JAKARTA - Mantan member EXO, Luhan, baru-baru ini menuai sorotan. Idol yang dulu terkenal dengan wajah tampan nan imut, sekarang justru terlihat lebih tua dengan kerutan di wajahnya.

Penampilan yang mengejutkan itu bermula ketika Luhan sedang melakukan syuting untuk program reality show di Zhanjiang, Tiongkok, Kamis (6/4). Bintang kelahiran 1990 tersebut dianggap terlihat lebih tua ketimbang lelaki seusianya.

Beredar foto yang menunjukkan tampang sang penyanyi dengan kerutan di sekitar mulut. Inilah yang membuat segelintir warganet kecele dengan Luhan lantaran terlihat berbeda di kehidupan nyata dengan di foto.

Namun, tak sedikit pula warganet yang membela Luhan. Mereka mengatakan bahwa foto yang beredar itu telah diedit, dan penyanyi yang sebentar lagi berusia 33 tahun itu terlihat jauh lebih tampan dalam kehidupan nyata.

Penyebab Kerutan di Usia Muda

Terlepas dari benar tidaknya kabar mengenai penampilan Luhan, kerutan di wajah sejatinya memang dapat muncul pada usia muda. Ini disebut sebagai penuaan dini, yang disebabkan sejumlah faktor.

Merokok menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan di usia muda. Sebab, kebiasaan ini berpotensi menyebabkan perubahan bahkan hambatan suplai darah di tubuh, utamanya pada kulit.

Selain itu, kurang asupan sayuran dan buah juga berpotensi membuat seseorang mengalami penuaan dini. Pasalnya, sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan radikal bebas, penyebab kerutan di wajah. 

Diet yang tidak konsisten, alias putus-nyambung, juga bisa memicu kerutan di usia muda. Hal ini karena kulit jadi melebar dan mengecil, seiring naik turunnya berat badan. Lama-kelamaan, ini akan merusak struktur elastisitas yang membuat kulit terlihat kencang. 

Kurang tidur juga menjadi faktor penyebab munculnya kerutan di usia muda. Kebiasaan ini bisa melemahkan tingkat kolagen kulit seseorang. Karena itulah, terlalu sering kurang tidur membuat seseorang terlihat hingga 2,5 tahun lebih tua.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, kerutan di wajah dapat mengganggu penampilan. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya, adalah berhenti merokok sekaligus menjauhi asapnya.

Selain itu, perbanyak pula konsumsi buah dan sayur, beserta air dengan kadar setidaknya dua liter per hari. Sebaiknya, hindari jua makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi, sebab itu bisa memperburuk kondisi tubuh. 

Penuaan dini juga dapat dicegah dengan menghindari stres, mengingat gangguan pikiran ini membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Kelola stres dengan baik, seperti melakukan yoga, meditasi, atau hal-hal yang disukai.

Tak kalah penting, hindari pula wajah dari paparan sinar matahari dan polusi. Oleskan tabir surya dengan SPF paling sedikit 30 pada area kulit yang terbuka, dan hindari mengenakan pakaian berwarna hitam ketika beraktivitas di luar ruangan.

Editor


Komentar
Banner
Banner