News

Viral Pasutri Beli Lahan Kuburan Seharga Rumah!

Pasangan suami dan istri (pasutri) ini viral usai mengunggah video di TikTok membeli lahan pemakaman atau kuburan.

Featured-Image
Pasutri viral yang bikin warganet tersentuh lantaran membeli lahan kuburan. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Pasangan suami dan istri (pasutri) ini viral usai mengunggah video di TikTok membeli lahan pemakaman atau kuburan.

Keduanya membuat netizen takjub karena membeli lahan kuburan yang harganya setara harga rumah.

Kisah pasutri itu mulai viral berawal dari unggahan video akun TikTok @fannykondoh. Dalam unggahannya sosok sang istri mengungkapkan rasa harunya saat akan memilih lahan kuburan bersama sang suami.

"Aku sama pak suami memutuskan untuk beli tanah kuburan suami istri dan rasanya memilih tempat kita dikubur saat kita masih hidup itu ternyata sedih dan berat ya," kata akun TikTok @fannykondoh dikutip bakabar.com, Selasa (28/3).

Dalam unggahannya, Fanny tampak mendatangi dua tempat pemakaman yang berbeda, yaitu di San Diego Hills dan Al-Azhar. Ia berkeliling melihat detail lokasi pemakaman di dua tempat tersebut.

"Ini saya lagi memilih 2 tempat untuk perbandingan, yang pertama ada di San Diego Hills. Kalau kalian tahu, Asraf Sinclair itu dikuburkan di sini dan kebetulan saya ketemu sama BCL nya langsung," ujar Fanny.

Dalam video yang berdurasi 2.29 menit itu terlihat dia berkeliling lokasi pemakaman dengan didampingi oleh personal asisten dan perawatan tanah makam. Dia menjelaskan detail berbagai pemakaman yang tersedia di San Diego Hills.

"Ini makam suami istri yang diberikan pagar sama tanaman harga Rp 300 juta sudah terjual," tulis keterangan video Fanny.

"San Diego Hills ini ada 3.000 hektar, ada blok pemakaman buat Muslim, Kristen, Buddha, Katolik, jadi lengkap banget di sini. Kalau cash setahu sayau dapat potongan 10%. Yang ini, tersedia untuk couple dan pagarnya itu beton. Buat pasangan yang nikah campur misalnya orang Islam Indonesia sama bule mana gitu ada toleransi disemayamkan berdampingan meskipun beda agama ini pilihannya," ucap Fanny.

"Ini makam suami istri pagar beton harga Rp 380 juta hard cash," sebutnya lagi.

Dalam unggahannya Fanny mencantumkan harga tanah makam kategori single tanpa pembatas Rp64 juta, semi private Rp458 juta dengan pembatas tembok dan tanaman. Pemakaman private harga Rp855 juta dilengkapi dengan pembatas dan kelengkapan makam.

Ada juga paviliun dengan bangunan gazebo dan nisan fleksibel. Dan pilihan terakhir peak estate dilengkapi gazebo dan custom design.

Fanny memperlihatkan dalam videonya tanah makam yang menjadi pilihannya dan suami di Sandiego Hills. Tampak area pemakaman dilengkapi dengan pembatas dan bisa untuk dua orang yang harganya Rp 855 juta.

"Ini pilihan tanah kuburan kita yang ada di San Diego Hills. Kekurangannya San Diego Hiils ini masjidnya tidak aktif jadi tidak ada aktivitas salat. Tidak ada bacaan murotal Alquran. Terus dalam 1 blok kita berdampingan dengan pemakaman agama lain," jelas Fanny.

@fannykondoh Kamu ga harus sama dan sepaham sama aku kok , belum tentu juga aku yang siapin masa depan kayak gini masuk surga juga , cuman aku memang cari peristirahatan yang khusus muslim dan aktif murotalnya , karna aku paham aku ga punya anak yang bisa doain aku nantinya , cuman intinya aku mau syiar aja kalau aku dan paksu memilih untuk siapin ini dari sekarang , saling hargain aja sih , pilihan orang kan beda beda, kalian ga harus sama juga , dan gapapa juga kok beda ... 🤗#fypシ#xyzbca#vlog#minivlog#adayinmylife#adml#suamiistri#halal#alazharmemorialgarden#pemakaman♬ suara asli - Fanny Kondoh

Fanny mencoba mencari alternatif lahan pemakaman lainnya. Dia dan suaminya meninjau lokasi pemakaman yang berada di Al-Azhar.

"Usahakan kalau misalkan mau cari pemakaman yang khusus muslim saja. Kita cari alternatif kedua yaitu di Al-Azhar ini. Al-Azhar itu 100% pemakaman muslim ya. Makam di Al-Azhar itu ada yang single. Ada yang double ada yang family juga," sebut Fanny.

Fanny menjelaskan dalam videonya, di Al-Azhar untuk tanah pemakamannya dibanderol Rp 261 juta. Pemakaman tersebut buka 24 jam. Tersedia ustaz yang memakamkan, kursi, tenda, dan air minum.

"Nah ini yang couple, suami istri dalam satu kotak ini hanya bisa diisi dua dan sisa lahannya biasanya dipakai peziarah buat baca Alquran. Ada sistem siram rumput otomatisnya. Jadi itu rumput dan tanaman di sini tuh pasti terurus dan free maintenance seumur hidup," kata Fanny.

"Itu yang saya suka karena saya kan belum punya anak ya dan aku tidak berharap juga seseorang atau anak saya nanti mengurus kuburan saya. Karena setahu saya tumbuhan hidup yang ada di atas makam, mereka itu kan berzikir dan zikir mereka siapa tahu bisa ya bisa meringankan siksa kuburnya Fanny sama pak suami," jelas Fanny lagi dalam videonya.

Fanny mengatakan pemakaman di Al-Azhar memiliki masjid yang aktif. Tak hanya di area pemakaman, masjid di sekitarnya juga terdengar.

"Ini masjidnya setiap Jumat ada kegiatan baca Alquran. Jadi lumayan terdengar sampai makam. Siapa tahu lantunan Al-quran ini meringankan dosa-dosa Fanny dan pak suami," kata Fanny dengan suara bergetar.

"Di Al-Azhar ini semua tata cara pemakaman sudah mengikuti SOP muslim, juga disediakan ustaznya juga waktu pemakaman pastinya menghadap kiblat juga ya," ucapnya.

Respons Warganet

Unggahan Fanny yang memilih lahan makam bersama suaminya yang harganya mencapai ratusan juta sudah ditonton lebih dari 16,8 juta Views. Warganet rata-rata ikut terharu dengan pilihan Fanny dan suaminya.

"Wah, di antara gemerlapnya dunia fana ini. Manusia berlomba-lomba membuat rumah yang besar, dengan budget seperti itu, Anda dan suami lebih memilih beli rumah abadinya," komen @oli***.

"Ya Allah, sudah terpikir hingga ke arah sana ya. Saya hanya memikirkan dunia saja, hingga lupa kalau suatu saat saya akan meninggal dunia," kata @ohm***.

"Saya mendadak sedih, Mba sudah mempersiapkan hingga sejauh itu," papar @mac***.

Editor


Komentar
Banner
Banner