Video Viral

Viral di TikTok Tradisi ‘Sangon Nganten’, Beri Uang di Pernikahan Tanpa Amplop

apahabar.com, BANJARMASIN – Belakangan video yang memperlihatkan tradisi asal Demak, Jawa Tengah, ‘Sangon Nganten’ viral di…

Featured-Image
Belakangan video yang memperlihatkan tradisi asal Demak, Jawa Tengah, ‘Sangon Nganten’ viral di media sosial. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARMASIN – Belakangan video yang memperlihatkan tradisi asal Demak, Jawa Tengah, ‘Sangon Nganten’ viral di media sosial.

Sangon Nganten dalam bahasa Indonesia artinya memberi saku kepada pengantin. Tradisi tersebut dilakukan ketika acara pesta pernikahan berlangsung.

Dalam video yang diunggah oleh akun @abumuis di TikTok pada Minggu (20/3) tersebut, tampak sepasang pengantin tengah duduk. Di hadapannya terdapat kain batik panjang atau disebut jarik yang dibentangkan lebar.

“#Pesangon manten Jawa Tengah, Indonesia. Tradisi Sangon Nganten,” tulis @abumuis di Tiktok seperti dikutip bakabar.com pada Rabu (23/3).

Kain jarik tersebut dipegangi oleh empat orang wanita pada setiap sisinya. Terlihat tumpukan uang di atas kainnya.

Tamu undangan yang berhadir di pernikahan tersebut mengantre untuk bersalaman dengan pengantin dan memberi ucapan selamat.

Sembari bersalaman, para tamu memberikan uang tanpa diwadahi amplop dan langsung memberikannya kepada pengantin.

Hingga kini, video tersebut telah ditonton sebanyak 2,6 juta kali dan menuai beragam tanggapan dari warganet.

“Indonesia itu indah, beraneka macam budaya dan adat istiadat. Setiap daerah punya ciri khas sendiri, tetap budayakan peninggalan leluhur kita,” komen @tuty***.

“Tahun 2021 kemarin aku juga seperti ini menikah, kebetulan suami ku orang Demak, jadi itu memang sudah tradisi di daerah Demak,” kata @ikha***.

@apahabarcom

Viral di TikTok Tradisi ‘Sangon Nganten’, Tamu Beri Uang Tanpa Amplop Langsung ke Pengantin #tiktoktainment

♬ suara asli – bakabar.com – bakabar.com



Komentar
Banner
Banner