Mainan Anak

[VIDEO] Mainan Kayu yang Terlupakan

Bagi anda yang melintas di jalan raya Pasar Minggu, tepatnya di sisi barat Taman Makam Pahlawan Kalibata, tentu tak asing dengan pemandangan yang satu ini.

bakabar.com, JAKARTA - Bagi anda yang melintas di Jalan Raya Pasar Minggu, tepatnya di sisi barat Taman Makam Pahlawan Kalibata, tentu tak asing dengan pemandangan yang satu ini. Ya, di tempat ini, aneka mainan berbahan kayu ditawarkan.

Di tengah gempuran mainan anak yang kian canggih dan menarik, para pedagang mainan kayu tetap bertahan. Sukma jaya, salah satunya. Ia setia dengan pekerjaannya sebagai pedagang mainan berbahan kayu.

Sejak tahun 2000, Sukma berjualan mobil-mobilan kayu di tokonya yang diberi nama ‘UD Senang Anak’. Meski tidak seramai dahulu, pembeli masih datang karena terkesima dengan keunikan mainan yang ditawarkan.

Salah satunya truk oleng. Mainan itu sudah ada sejak era 80an dan mampu bertahan sampai sekarang. Mainan tersebut digemari karena terbilang awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Bioskop dan Wahana Permainan Anak di Balikpapan Boleh Beroperasi

Harga setiap mainan kayu yang ditawarkan bervariasi. Tergantung dari bahan dan kerumitan pengerjaannya.

Secara umum, truk oleng yang dijual Sukma berasal dari dua daerah yang berbeda. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pembeli mainan kayu telah menurun drastis. Maraknya mainan plastik dan game online ditengarai ikut menggerus minat anak terhadap mainan berbahan kayu.

Saat masih ramai, toko milik Sukma kerap didatangi pembeli dari kalangan menengah ke bawah. Selain itu, tak sedikit turis mancanegara yang datang berkunjung, misalnya dari Belanda dan Prancis.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner