Kereta Cepat Jakarta-Bandung

[Video] Kereta Cepat Jakarta Bandung, Luhut: Gratis hingga Pertengahan Oktober

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengajak semua elemen bangsa untuk patut berbahagia dan berbangga hati karena Kereta Cepat Jakarta Bandung.

bakabar.com, JAKARTA - Menteri koordinator (Menko) bidang kemaritiman dan investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengajak semua elemen bangsa untuk patut berbahagia dan berbangga hati. Pasalnya, Indonesia berhasil menorehkan sejarah baru dalam dunia perkeretaapian modern dengan diresmikannya Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada senin, 2 oktober 2023.

Luhut mengakui sejak mendapat penugasan untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir 2019/ pihaknya menemukan banyak masalah dan kendala. Permasalahan itu mulai dari pembebasan lahan hingga kesulitan pendanaan saat COVID-19.

Pada hari yang bersejarah ini, Luhut mengakui, presiden telah memberikan semangat kepada semua pihak yang terlibat untuk menyelesaikan pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Hal itu juga tidak terlepas dari kerja sama yang baik dengan seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, termasuk pemerintah Tiongkok dan seluruh perusahaannya yang terlibat.

Baca Juga: [Video] Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Melalui proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, Indonesia akan mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari terciptanya lapangan kerja baru, utamanya bagi masyarakat lokal, hadirnya mulitiplier efek terhadap moda transportasi lainnya hingga transfer teknologi di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretaapian.

Pada kesempatan itu, Luhut menerangkan selama tiga minggu sejak dibukanya uji coba gratis bagi publik, antusiasme masyarakat sangat bersar. Uji coba berjalan dengan aman dan nyaman berkat keandalan sistem yang telah teruji.

Editor
Komentar
Banner
Banner