Debat Capres 2024

[VIDEO] Debat Perdana KPU, Capres Setuju Penegakan Hukum

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama Pilpres 2024 pada Selasa (12/12) malam.

bakabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama Pilpres 2024 pada Selasa (12/12) malam. Di debat perdana ini, tiga calon presiden yang berdebat tidak didampingi cawapres atau berdebat sendiri.

KPU menggelar debat perdana dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Tema debat kali ini, dianggap PDIP sebagai topik yang paling dikuasai oleh capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. Pengalaman Ganjar sebagai kepala daerah menjadi salah satu kelebihan untuk menjawab pertanyaan panelis.

Bagi capres nomor urut 1 Anies Baswedan, debat capres perdana layak diapresiasi. Kendati begitu, ia mengeluhkan buruknya kinerja pemerintah dalam menyelesaikan sejumlah hal yang berkaitan dengan hak masyarakat, mulai dari layanan publik, penyelesaian kasus HAM, pemberantasan korupsi hingga kerukunan warga.

Baca Juga: [VIDEO] Debat Capres, Ganjar Berantas Korupsi Dengan Serius

Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menegaskan topik-topik dalam debat perdana merupakan isu krusial yang terjadi di indonesia. Kendati paling sering diserang dengan isu HAM, prabowo mengungkapkan, penegakan hukum dan perlindungan HAM hingga pemberantasan korupsi tetap menjadi prioritasnya jika terpilih nanti.

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengungkapkan dirinya telah mendengar banyak keluhan warga, mulai dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia. Karenanya, Ganjar akan menyelesaikan persoalan yang dialami masyarakat tersebut.

Debat capres yang dihelat di kantor KPU di jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat itu dimulai pukul 7 malam. Debat yang berlangsung selama 120 menit itu dipandu oleh Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Debat juga menghadirkan 11 panelis yang merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor


Komentar
Banner
Banner