Pemilu 2024

[VIDEO] Debat Capres-Cawapres, CSIS: Penentu di Pilpres 2024

CSIS menilai debat perdana calon presiden (capres) Pemilu 2024 yang digelar komisi pemilihan umum (KPU) pada Selasa (12/12) berjalan menarik.

bakabar.com, JAKARTA - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menilai debat perdana calon presiden (capres) Pemilu 2024 yang digelar komisi pemilihan umum (KPU) pada Selasa (12/12) berjalan menarik. Debat capres episode pertama telah memberi pengetahuan yang baik terhadap publik.

Secara garis besar, ada tiga hal yang membuat debat membahas soal hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi itu menjadi menarik.

Kedua, pertanyaan panelis cukup baik dan berhasil menangkap situasi yang terjadi di masyarakat sekarang ini. CSIS menilai hal itu sesuai dengan perhatian strategis ke depan bagi pemerintahan baru.

Ketiga, CSIS menilai performa kandidat capres relatif baik meskipun debat merupakan merupakan tradisi yang relatif baru di Indonesia. Debat capres pertama kali digelar pada pemilu 2004/ yang mengusung pemilihan secara langsung.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner