Banjir Jakarta

[VIDEO] Banjir Jakarta, Persoalan Lama Tak Kunjung Usai

Hujan lebat pada Sabtu (4/11) menyebabkan 3 RT di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Selatan tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi 30-150 Cm.

bakabar.com, JAKARTA - Hujan lebat pada Sabtu (4/11) menyebabkan 3 RT di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Selatan tergenang banjir. Ketinggian banjir Jakarta bervariasi mulai dari 30 hingga 150 sentimeter, akibat tingginya curah hujan serta luapan kali Ciliwung.

BPBD DKI Jakarta mencatat 18 RT sempat tergenang pada pukul 15.00 WIB, setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur beberapa wilayah ibu kota.

Kota Jakarta, merupakan wilayah yang tidak bisa dipisahkan dari bencana hidrometeorologi atau bencana yang diakibatkan aktivitas cuaca, seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan. Salah satu bentuk bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi adalah banjir.

Kawasan banjir kebanyakan berada di wilayah bantaran kali, pantauan BPBD DKI Jakarta, genangan yang semula terjadi di 54 RT, tinggal 18 RT atau 0,058 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: 8 Rumah Rusak hingga Ratusan Terendam Akibat Banjir di Cianjur

Untuk mengatasi banjir, BPBD DKI Jakarta melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, untuk membahas hal-hal bersifat teknis dan non teknis. Koordinasi diperlukan untuk memudahkan penanganan banjir.

Selama ini, pola koordinasi yang terjalin sudah sangat baik. Masing-masing instansi melakukan peran dan fungsinya, terkait pengendalian banjir.]

Hal serupa dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) terkait antisipasi pengungsi, dinas sosial dengan dapur umum dan dinas kesehatan dengan dukungan obat-obatan dan pengobatan pasien, Sementara PAM Jaya hadir untuk suplai air bersih.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner