Kalsel

Vaksinasi Molor, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19 Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Program vaksinasi Covid-19 terancam molor dari rencana awal yaitu pada November 2020. Hingga…

Featured-Image

bakabar.com, BANJARMASIN – Program vaksinasi Covid-19 terancam molor dari rencana awal yaitu pada November 2020. Hingga pekan ketiga, pemerintah Kalimantan Selatan belum mendapat keterangan resmi kapan pendistribusian vaksin akan dilakukan.

“Belum ada petunjuk tambahan, jadi tunggu saja,” kata Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim saat dihubungi melalui sambungan suara, Sabtu (21/11) sore.

Namun diungkapkan Muslim, dalam waktu dekat akan ada pertemuan bersama Menteri Kesehatan untuk membahas masalah pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia, termasuk Kalsel.

“Insya Allah minggu depan sudah mulai ada pembahasan terkait penyusunan draft yang berkaitan dengan pelaksananaan dan ketentuan-ketentuan,” terangnya

Sebagai pengingat, Kalsel mengusulkan sekitar 27 ribu tenaga kesehatan (nakes) untuk diprioritaskan dalam uji vaksin kali ini. Dalam tahapannya, pendataan dengan melakukan tes PCR pada nakes serta satpol PP dan TNI/Polri.

“Kita sudah mendata itu. Memang saat ini sedang dimutakhirkan, data yang ada selalu diupdate terus,” beber Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Untuk perkembangan lainnya, Muslim mengatakan untuk menunggu arahan dari pemerintah pusat. Pemprov Kalsel ujarnya berupaya untuk melakukan persiapan agar lebih optimal dalam pelaksanaan nanti.

Secara teknis, Muslim menyampaikan pendistribusian hampir sama seperti vaksin pada umumnya, yang membedakannya hanyalah penyesuaian dalam masa pandemi seperti saat ini.

“Seperti biasa. Didrop dari pusat, kemudian dilakukan penyimpanan, pendistibusian dan pelaksanaan. Dalam konteks pandemi, ada beberapa hal yang perlu disikapi dan disesuaikan. Karena harus berjaga jarak,” pungkas Muslim.



Komentar
Banner
Banner