Sport

Uzbekistan Tantang Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Diwarnai kartu merah, Uzbekistan mengalahkan Arab Saudi di perempat final Piala Asia U-23, Jumat (26/4) malam. Mereka pun menantang Timnas Indonesia di semifina

Featured-Image
Uzbekistan mengalahkan Arab Saudi di perempat final Piala Asia U-23 untuk bertemu Timnas Indonesia di semifinal. Foto: AFC

bakabar.com, DOHA - Diwarnai kartu merah, Uzbekistan mengalahkan Arab Saudi di perempat final Piala Asia U-23, Jumat (26/4) malam. Mereka pun menantang Timnas Indonesia di semifinal.

Bermain di Stadion Internasional Khalifa, Uzbekistan mencetak gol pembuka di injury time babak pertama.

Umpan terobosan Abbosbek Fayzullaev berhasil dimanfaatkan Khusayin Norchaev menjadi gol. Norchaev pun semmpat melewati kiper Mohammed Saleem Hamad Al Absi, sebelum mencetak gol ke gawang yang sudah kosong.

Dalam kondisi tertinggal, Arab Saudi justru kehilangan Ayman Yahya di menit 70. Penyerang ini menerima kartu kuning kedua, seusai melanggar Abdurauf Boriyev.

Unggul jumlah pemain, Uzbekistan menggandakan keunggulan di menit 84 melalui pemain pengganti Umarali Rakhmonaliev.

Masuk di menit 79, pemain milik Rubin Kazan itu lolos dari jebakan offside, sebelum menyambar bola rebound tendangan Abdurauf Bo'riyev yang diblok Al Absi.

Keunggulan tersebut bertahan hingga menit akhir. Uzbekistan pun melangkah ke semifinal dan menghadapi Timnas Indonesia, Senin (29/4) pukul 22.00 Wita.

Uzbekistan sendiri memiliki rekor apik atas Indonesia di level U-23. Terakhir kali berhadapan di babak 16 besar Asian Games 2023, mereka unggul 2-0 berkat gol-gol Sherzod Esanov di babak tambahan waktu.

Selain unggul catatan head to head, pelatih Timur Kapadze memiliki skuat yang cukup mumpuni di Piala Asia U-23.

Dari total 23 pemain, 3 di antaranya merumput di Liga Eropa. Sebut saja Abdukodir Khusanov yang memperkuat RC Lens di Ligue 1.

Sisanya bermain di Liga Primer Rusia seperti Abbosbek Fayzullaev di CSKA Moskow, serta Umarali Rakhmonaliev yang bermain untuk Rubin Kazan.

Sejak Piala Asia U-23 digelar mulai 2013, Uzbekistan pernah menjadi juara di edisi 2018. Adapun di edisi terakhir atau 2022, mereka menjadi runner up lantaran dikalahkan Arab Saudi.

Sementara sebelum melangkah ke perempat final, Uzbekistan memenangi semua pertandingan di fase grup. Mereka menekuk Malaysia 2-0, Kuwait 5-0, dan Vietnam 3-0.

Editor


Komentar
Banner
Banner