LIFESTYLE

Usung Konsep Girl Crush, IVE Raih Daesang MMA 2022

Girlband K-pop, IVE, meraih daesang alias penghargaan utama dalam acara MMA 2022. Grup idol asuhan Starship Entertainment ini mengusung konsep girl crush.

Featured-Image
Girlband K-pop yang mengusung konsep girl crush, IVE, memenangkan daesang MMA 2022 (Foto: dok. twitter.com/ive_news_

bakabar.com, JAKARTA - GirlbandK-pop, IVE, meraih daesang alias penghargaan utama dalam acara Melon Music Award (MMA) 2022. Grup idol asuhan Starship Entertainment itu mendapat penghargaan untuk empat kategori sekaligus, salah satunya Best Group Female.

Beberapa waktu belakangan, IVE memang begitu populer di kalangan pecinta K-pop. Bukan tanpa alasan, ketenaran yang demikian, salah satunya, dikarenakan Yu Jin cs mengusung konsep yang tengah menjadi tren lantaran terlihat keren: girl crush.

Apa Itu Girl Crush?

Chang dalam jurnal New gender perspectives: Soft creator and strong advocator in the new Korean wave era (2020) mendefinisikan girl crush sebagai sosok perempuan kuat yang mampu mengungkapkan apa yang dia pikirkan juga rasakan secara jujur lagi provokatif.

Adapun Fitri dan Kusuma melalui penelitian Girl Crush dalam Budaya Pop Korea (2021) menjelaskan konsep yang juga dikenal sebagai ssen unnie ini umumnya ditandai dengan pemilihan gaya busana.

Busana tersebut biasanya bertema maskulin serta seksi, seperti pakaian olahraga, stocking jaring, pakaian pria. Selain itu, girl crush juga ditonjolkan dalam konsep video musik, di mana menggunakan latar dengan warna yang lebih gelap.

Pada praktiknya, girl crush merupakan bagian dari girl power. Adalah Spice Girls, girlband asal Inggris yang pertama kali memperkenalkan istilah tersebut dengan menonjolkan kemandirian perempuan pada tahun 1990-an.

Lewat slogan mereka, Spice Girl berhasil menginspirasi perempuan untuk menampilkan ciri khas dalam diri mereka sendiri.

Girl power yang dimaksud pun berfokus pada gaya sebagai tanda otonomi seseorang; kemandirian dari sosok lelaki, tidak menganut sistem hubungan patriarki, serta melakukan berbagai aktivitas sendiri.

Deretan Girlband dengan Konsep Girl Crush

IVE bukanlah satu-satunya girlband K-pop yang mengusung konsep girl crush. Grup besutan YG Entertainment, 2NE1, misalnya, juga menonjolkan penampilan yang penuh rasa percaya diri, karismatik, dan tangguh.

Girlband naungan YG Entertainment lainnya, Blackpink, pun mengusung konsep demikian. Mereka begitu terlihat percaya diri dan penuh semangat dalam membawakan lagu-lagunya, meski terkadang fesyen yang dikenakan bertema feminin, bahkan imut. 

Bukan cuma itu, grup besutan Cube Entertainment, (G)I-DLE, juga konsisten menerapkan konsep girl crush sedari awal kariernya di tahun 2018. Ketika membawakan lagu debut Latata, misalnya, mereka menampilkan koreografi yang kuat lagi bertenaga.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai girl crush, konsep yang diusung IVE selaku pemenang penghargaan Best Group Female di ajang MMA 2022. Apakah Anda termasuk orang yang menyukai konsep ini?

Editor


Komentar
Banner
Banner