Hot Borneo

Usai Dilantik, Ketua KONI Banjar Bicara Soal Dana Hibah Minim

apahabar.com, MARTAPURA – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjar masa bakti 2022 – 2026…

Featured-Image
Pengurus KONI Kabupaten Banjar periode 2022 – 2026 resmi dilantik, di Dafam Banjarbaru, Rabu (20/7). Foto-istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjar masa bakti 2022 – 2026 resmi dilantik, Rabu (20/7).

Ketua KONI Kabupaten Banjar, H Muhammad Rofiqi beserta jajaran pengurus dihadapkan event besar yakni Porprov Kalimantan Selatan (Kalsel) 2022, yang hanya tinggal 4 bulan lagi.

Sekretaris Umum KONI Kalsel, Sekretaris Umum Enly Hadiyanor mengatakan tugas pokok dan fungsi KONI adalah pembinaan olahraga dan meningkatkan prestasi atlet, sedangkan pemerintah adalah penganggaran dana olahraga.

“Tolak ukur keberhasilan KONI adalah prestasi. Jadi antara KONI dan pemerintah daerah harus saling bersinergi,” ucap Enly.

Terkait prestasi, Rofiqi sekalu Ketua KONI menarget tiga besar pada Porprov Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Target tersebut lebih tinggi dari capaian Porprov seblumnya yang hanya masuk 5 besar.

Bukan tanpa syarat, Rofiqi bilang sebuah prestasi tidak lepas dengan modal finansial. “Kalau bicara prestasi tidak lepas dengan yang namanya duit,” ucap Rofiqi yang juga Ketua DPRD Banjar ini.

Ia lantas menyinggung anggaran dana hibah untuk KONI Banjar masih minim, tak sampai saru persen dari APBD Kabupaten Banjar Rp1,284 triliun.

“Dalam undang-undang olahraga anggaran KONI itu minimal satu persen, tapi dalam aplikasinya tidak pernah satu persen,” tutur Rofiqi.

“Kawan-kawan semuanya, tugas kita berat. Empat bulan saja persiapan kita di tengah duit (dana hibah) yang belum cair, saya berharap dapat sesuai target tiga besar. Mudah-mudahan setelah ini kalau dana tidak ditambah ya segera dicairkan,” tandasnya.

Sementara, Sekda Banjar H Mokhamad Hilman mewakili Bupati Banjar mengatakan apresiasi atas pelantikan pengurus KONI Banjar, dan berharap dapat melakukan langkah-langkah cemerlang dalam pembinaan olahraga.

“Meningkatkan kualitas sistem pembinaan dan pengembangan di bidang olahraga, sehingga dapat meningkatkan prestasi para atlet,” ucapnya.

Terkait dana hibah KONI Banjar, anggarannya sudah ditetapkan dalam APBD Banjar 2022 dan akan segera dicairkan.

“Jika sudah sesuai persyaratan akan segera cair,” ucap Sekda tanpa menyebut berapa nominalnya.



Komentar
Banner
Banner