Kalsel

Usai Dilantik, Anggota DPRD Banjar Dituntut Penuhi 5 Aspirasi

apahabar.com, MARTAPURA – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 45 orang anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2019-2024 diwarnai…

Featured-Image
Ketua DPRD Kabupaten Banjar sementara, Muhammad Rofqi bersama dengan anggota dewan lainnya menemui masa yang melakukan aksi damai di depan Kantor DPRD Kabupaten Banjar. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

bakabar.com,MARTAPURA – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 45 orang anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2019-2024 diwarnai aksi demo. Sebanyak 50 orang dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menuntut 5 aspirasi, Rabu (4/9).

PMII Banjar yang sejak pagi berdiri di depan Gedung DPRD Kabupaten Banjar bersikukuh ingin mengawal jalannya pelantikan dan ingin menemui para anggota dan Ketua DPRD Banjar yang baru.

Massa yang berdiri di luar pagar Gedung DPRD Kabupaten Banjar terus berorasi. Sembari menyanyikan yel-yel, ada harapan yang ingin mereka sampaikan kepada wakil rakyat baru.

Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah selesai, Ketua DPRD Kabupaten Banjar sementara, Muhammad Rofiqi bersama dengan beberapa anggota DPRD lainnya menemui massa yang sudah tidak sabar menunggu.

Koordinator aksi damai PMII Kabupaten Banjar, Januar Sahib mengatakan, pihaknya ingin mengawal dan menyampaikan 5 permintaan atau aspirasi kepada anggota DPRD Banjar yang baru dilantik.

“Kami di sini ingin melakukan aksi damai dan ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Ketua DPRD dan anggota DPRD yang baru dilantik,” teriaknya.

Lima aspirasi yang disampaikan yaitu, kembalikan Kabupaten Banjar menjadi Kota Serambi Mekkah, laksanakan penggunaan anggaran yang pro rakyat, tunaikan janji kampanye selama menjabat sebagai anggota DPRD Banjar, serta penuhi sumpah dan janji yang telah diikrarkan.

“Kepada anggota DPRD Kabupaten Banjar, kami menyampaikan tuntutan kembalikan Kabupaten Banjar menjadi Kota Serambi Mekkah lagi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Rofiqi kepadabakabar.commengatakan bahwa dirinya mengapresiasi aksi damai tersebut dan mengamini permintaan mereka.

“Kita kan negara demokrasi, apa yang menjadi aspirasi dan masukan tentu ini juga menjadi dasar untuk kita dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” ucapnya.

Terkait dengan 5 tuntutan dari masa yang melakukan aksi damai tersebut, Rofiqi sangat menyambut baik. Ia berharap rekan-rekan DPRD Banjar lainnya bisa melaksanakan apa yang menjadi keinginan masyarakat Banjar.

“Semoga kami bisa memenuhi 5 poin yang sudah menjadi tuntutan ini,” katanya.

Koordinator aksi damai PMII Kabupaten Banjar, Januar Sahib memberikan beberapa lembar kertas untuk ditandatangani sebagai tanda bahwa anggota DPRD Kabupaten Banjar akan menepati janjinya.

Beberapa lembar kertas yang dibungkus map diambil Ketua DPRD Kabupaten Banjar sementara untuk ditandatangani seluruh anggota dewan baru resmi menjadi wakil rakyat.

Baca Juga:45 Anggota DPRD Baru Dilantik, H Rusli Pamit

Baca Juga:Ditunjuk Jadi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, M Yamin Galau Maju Pilwali

Reporter: AHC 15
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner