Film Horor

Urutan Film Saw Berdasarkan Kronologi, Baca Ini Biar Enggak Bingung!

Film Saw dinobatkan menjadi film paling populer dan terbaik dalam kategori horor gore tahun ini. Yuk intip urutan nonton filmnya supaya paham dengan alurnya.

Featured-Image
Alur Menonton Film Saw Secara Kronologi. Foto: thedirect

bakabar.com, JAKARTA - Film Saw dinobatkan menjadi film paling populer dan terbaik dalam kategori horor gore tahun ini. Yuk intip urutan nonton filmnya supaya paham dengan alurnya.

Sejak penayangan perdananya pada 11 Oktober 2023 di bioskop seluruh Indonesia, film garapan sutradara Kevin Greutert ini sukses membuat penonton ketakutan dengan aksi yang ditampilkan.

Saw X merupakan film ke-10 dalam franchise Saw Series, yang sukses besar di industri perfilman, bahkan merambah pada video game, musik, komik dan taman bermain.

Namun enggak perlu khawatir, untuk Anda yang berencana menonton Saw X dan masih bingung dengan jalan ceritanya. Dikutip dari rotten tomatoes dan sumber lainnya, berikut urutan nonton film Saw berdasarkan kronologinya.

Jigsaw (2017)

Jigsaw (2017). Foto: imdb
Jigsaw (2017). Foto: imdb

Disutradarai oleh Spierig bersaudara yaitu Michael Spierig dan Peter Spierig. Dengan menggandeng penulis Josh Stolberg dan Peter Goldfinger.

Film dengan durasi 92 menit ini merupakan awal mula terciptanya permainan mengancam nyawa yang diciptakan oleh John Kramer (Tobin Bell).

Saw (2004)

Jigsaw (2017). Foto: imdb
Jigsaw (2017). Foto: imdb

Disutradarai oleh James Wan (The Conjuring 2), tak hanya sebagai sutradara, Wan juga memainkan perannya sebagai penulis bersama Leigh Whannell.

Menceritakan dua pria yang terbangun dan mendapati dirinya dirantai di lokasi yang tidak diketahui, dengan instruksi yang mengerikan, membunuh atau dibunuh.

Ini merupakan tahun awal waralaba Saw ini dimulai, dan menunjukkan Kramer yang sudah merekrut dua asistennya.

Saw X (2023)

Film Saw X
Poster film Saw X. Foto: IMDB

Berlatar belakang beberapa minggu setelah kejadian di Saw. Kramer memutuskan pergi ke Meksiko untuk mengobati penyakitnya, namun ditipu oleh dokter gadungan. Sehingga membuatnya melakukan balas dendam melalui permainan tersebut.

Saw II (2005)

Saw II. Foto: imdb
Saw II. Foto: imdb

Berlatar setahun setelah Saw, mengisahkan sebuah tim detektif yang membutu Kramer (Jigsaw). Namun hal tersebut membuatnya melakukan permainan mematikan tersebut bersama delapan orang lainnya.

Film ini disutradarai oleh Darren Lynn Bousmann dengan durasi 93 menit, menghadirkan kengerian dan penuh darah dari permainan tersebut.

Saw III (2006)

Saw III (2006). Foto; imdb
Saw III (2006). Foto; imdb

Masih disutradarai oleh Darren Lynn Bousmann, berlatar belakang 6 bulan setelah kejadian tersebut. Jigsaw kembali memainkan games mematikannya.

Menghadirkan seorang perempuan yang merupakan seorang dokter untuk merawat dirinya. Sementara ia melakukan permainan keji tersebut pada seorang pria bernama Jeff.

Saw IV (2007)

Saw IV. Foto: imdb
Saw IV. Foto: imdb

Setelah kematian John Kramer, permainan tersebut masih diwariskan dan tetap berjalan.

Masih dengan sutradara yang sama dengan Saw II dan Saw III, kali ini Saw IV ditulis oleh Patrick Melton dan Marcus Dunstan dan memiliki total durasi 91 menit.

Film ini memiliki alur waktu beberapa bulan setelah kematian John Kramer, namun permainan keji tersebut masih diwariskan dan tetap berjalan di tangan orang lain.

Saw V (2008)

Saw V. Foto: imdb
Saw V. Foto: imdb

Terjadi setelah Saw IV, alur Saw V menceritakan seorang agen FBI yang menangani kasus kejahatan Jigsaw, namun menjadi taget selanjutnya dari permainan mengerikan ini.

Film ini masih ditulis oleh Patrick Melton dan Marcus Dunstan. Namun kali ini digarap oleh David Hackl, memiliki durasi penayangan 92 menit.

Saw VI (2009)

Saw V. Foto: imdb
Saw V. Foto: imdb

Setelah meninggalnya salah satu agen FBI, rekannya bernama Erickson mencoba mendekati Mark Hoffman, yang dicurigai the next of Jigsaw.

Kali ini permainan masih berlangsung, dengan durasi 90 menit, Saw VI menghadirkan beberapa karyawan asuransi dan bosnya melewati rangkaian game Jigsaw.

Saw VII 3D: The Final Chapter (2010)

Saw VII 3D The Final Chapter (2010). Foto: imdb
Saw VII 3D The Final Chapter (2010). Foto: imdb

Dikenal juga sebagai Saw: The Final Chapter. Menceritakan seorang yang mengaku selamat dari jebakan permainan pada Saw I dan Saw II, yang justru mendapati dirinya terperangkan dalam permainan keji tersebut.

Spiral: From the Book of Saw (2021)

Spiral From The Book of Saw (2021). Foto: imdb
Spiral From The Book of Saw (2021). Foto: imdb

Film ini tidak menyebutkan tahun secara spesifik, namun diasumsikan para penggemar memiliki latar tahun jauh bertahun-tahun setelah film sebelumnya.

Namun Jigsaw Killer kembali hadir dengan pembunuh peniru yang berkeliaran, dan menjebak para detektif untuk melakukan serangkaian permaianan tersebut.

Itulah alur kronologi dalam film waralaba Saw atau Jigsaw. Semoga dapat membantu Anda mengetahui lebih jelas mengenai alurnya. Jadi, apakah siap menyaksikan kengerian dari games tersebut?

Editor
Komentar
Banner
Banner