Tips Otomotif

Upgrade CVT Yamaha NMax agar Gredek Hilang, Biaya Mulai Rp300 Ribuan

CVT motor matic seperti Yamaha NMax bisa gredek kalau tidak rajin dirawat. Upgrade CVT bisa jadi solusi nih.

Featured-Image
Ilustrasi upgrade CVT Yamaha NMAX demi atasi masalah gredek. Foto: Harun/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Motor skuter matik  (skutik) seperti Yamaha NMax, memiliki masalah gredek yang khas di bagian Continuously Variable Transmission (CVT).

Gejala gredek di CVT Yamaha NMax membuat tarikan awalnya terasa tersendat dan kurang responsif, sehingga cukup mengganggu kenyamanan berkendara.

Menurut Abib, Manager Bengkel Yoga Motoshop (YMS) di Jakarta Timur, ada beberapa penyebab CVT motor matic gredek, yaitu karena debu dan onderdil yang perlu penggantian.

"Penyebabnya bisa dari kotoran dan debu yang terjebak di dalam bak CVT. Bisa juga karena kampas ganda yang sudah tipis atau habis, serta mangkok ganda yang termakan usia hingga peyang," ungkapnya saat ditemui bakabar.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Populer Otomotif: Garansi Rangka 5 Tahun Yamaha-Honda, Deklarasi ARC dan Pilihan Sepeda Listrik

Masalah CVT gredek bisa diatasi dengan perawatan rutin, namun gejalanya akan timbul lagi seiring masa pemakaian.

"Kalau CVT gredek cukup rutin dibersihkan bagian dalamnya dan berbagai komponennya. Biasanya dibersihkan setiap 3 bulan sekali atau saat dirasa mulai gredek saja. Tapi 3 bulan lagi bakal gredek juga," jelas Abib.

Bagi yang kurang puas dengan part CVT standar atau bawaan pabrik, bisa melakukan langkah upgrade CVT untuk mengatasi masalah gredek.

Modifikasi Yamaha NMAX - APAHABAR.COM
Ilustrasi CVT Yamaha NMAX. Foto: Harun/bakabar.com

Perlu diketahui, upgrade CVT akan mengganti hingga memodifikasi sejumlah komponen standar dengan aftermarket.

"Kalau mau performa CVT lebih baik dan masa timbul gredeknya lebih lama, bisa pakai part aftermarket," kata pria ramah tersebut.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Sajikan Program Diskon Spesial untuk Loyal Customer

Misalnya memakai kampas ganda Daytona dan modifikasi mangkuk ganda dengan pemberian lubang tertentu.

"Jadi mangkuk ganda standarnya dibolongin dengan perhitungan tersendiri yang tidak bisa asal. Lalu permukaan untuk wadah kampas gandanya dikartel, atau diberi ukiran," terang Abib yang juga sehari-hari menggunakan Yamaha NMax lama.

Tujuannya agar kampas ganda lebih menggigit dan tidak mudah selip. Sehingga gejala gredek bisa diminimalisir selama kondisi kampas gandanya masih optimal.

Baca Juga: Dua Motor Ini Jadi Favorit di IMOS 2023

Biaya upgrade CVT Yamaha NMax di bengkel YMS ditawarkan mulai Rp300 ribuan sampai Rp2 jutaan yang sudah termasuk jasa pasang dan servis CVT.

"Kami punya tujuh paket upgrade CVT untuk Yamaha NMax. Bedanya tergantung spare part yang dipakai dan performa yang dihasilkan, makin tinggi harga makin tinggi juga performanya," jelas Abib yang bengkelnya dikenal sebagai spesialis motor Big Scooter.

Dalam upgrade CVT, konsumen juga dapat memilih karakter yang diinginkan pada motor kesayangannya.

"Nanti bisa pesan mau unggul di akselerasi atau top speed. Kalau akselerasi akan cocok untuk kondisi jalanan padat seperti di Jakarta dan kota besar lainnya," terang Abib.

Baca Juga: Tiga Motor Listrik Baru Charged Bisa Dipesan, Usung Konsep Berbeda

Sementara jika konsumen memilih unggul pada tarikan atas atau top speed, dinilai Abib lebih cocok untuk touring atau perjalanan luar kota.

Untuk hasil upgrade CVT, Abib menjamin CVT Yamaha NMax bakal tidak gredek selama enam bulan atau lebih jika motornya dipakai secara rutin.

Kelebihan tersebut diikuti dengan peningkatan performa akselerasi atau top speed yang lebih baik dari kondisi standar. 

"Pengerjaan upgrade CVT ini juga enggak lama, paling cuma 1 jam kalau semua spare part-nya sudah ada semua. Di bengkel kami semua komplit," tutup punggawa bengkel YMS yang lokasinya berada di Jalan Bulak Ringin Raya No.88, Cibubur, Jakarta Timur.

Editor
Komentar
Banner
Banner