Tak Berkategori

UPBS di Tabalong Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

apahabar.com, TANJUNG – Si jago merah melahap sebuah pondok di Jalan Pertamina, tepatnya di belakang tugu…

Featured-Image
Sejumlah UPBS melakukan simulasi pemadaman kebakaran sebuah pondok. Foto – Istimewa.

bakabar.com, TANJUNG - Si jago merah melahap sebuah pondok di Jalan Pertamina, tepatnya di belakang tugu obor Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Petugas kebakaran dari Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) pun langsung mendatangi lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman.

Kesigapan petugas tersebut disaksikan saat UPBS se-Kabupaten melakukan simulasi latihan dan penanggulangan bencana bersama Basarnas, Koramil Tanta, Polsek Murung Pudak, Kelurahan Mabuun dan lainnya, Minggu (20/12).

Lurah Kelurahan Mabuun, Risky Kurniadi mengatakan kegiatan yang mengusung tema ‘Mun Api Halus Kawan Kita, Tapi Mun Api Ganal Musuh Kita’ ini diharapkan dapat dijadikan ajang silaturahmi dan meningkatkan kekompakan seluruh UPBS di Wilayah Kelurahan Mabuun khususnya, dan umumnya UPBS di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ketangkasan dan keterampilan dalam bertugas. Selain itu, juga bertujuan menjaga kekompakan dan solidaritas antar UPBS se-Kabupaten Tabalong.

“Selain simulasi pemadaman kebakaran, kegiatan ini juga dirangkai dengan latihan simulasi pertolongan penyelamatan di sungai," Jelas Risky.

Terpisah, Babinsa Koramil 04 Tanta (Kodim 1008 Tanjung) Serka Sunarno menjelaskan, selain simulasi pemadaman kebakaran dan latihan simulasi pertolongan penyelamatan di sungai, juga dilaksanakan sosialisasi protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghidari kerumunan.

“Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan kita tetap terus menerapkan protokol kesehatan” jelas Serka Sunarno.

Ditambahkan Sunarno, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsediaan personil terhadap bencana yang tidak kita ketahui kapan datangnya.

Sementara itu, Maulana Abdillah dari Basarnas Tabalong mengatakan, pihaknya dalam kegiatan ini mendampingi UPBS dan relawan yang melaksanakan teknik pertolongan di air dengan menggunakan teknik melempar alat apung dengan tali lempar.

Kegiatan ini dihadiri juga Wakapolsek Murung Pudak Polres Tabalong Polda Kalsel, Ipda Risky Bagus, Babinkantibmas Mabuun Brigadir Edi Kurniawan, Koordinator latihan H Muhammad, Basarnas, dan 12 Perwakilan UPBS di Kabupaten Tabalong.



Komentar
Banner
Banner