Tak Berkategori

Unik, Inilah Sajian Kopi Sebening Air Mineral

apahabar.com, BANJARMASIN – Kopi yang biasa disajikan sebagai minuman umumnya berwarna hitam kecokelatan, ternyata dapat disajikan…

Featured-Image
Barista restoran Arack & Spice, Aditya Wiguna, meracik kopi destilasi sehingga kopi sebening air mineral. Foto-JIBI/BISNIS

bakabar.com, BANJARMASIN – Kopi yang biasa disajikan sebagai minuman umumnya berwarna hitam kecokelatan, ternyata dapat disajikan layaknya air mineral, bening atau tanpa warna.

Barista restoran Arack & Spice, Aditya Wiguna, adalah orang yang mampu meracik minuman kopi seperti itu. Namun, minuman itu bukanlah kopi melainkan mocktail.

“Minuman rasa kopi ini termasuk mocktail nonalkohol. Jadi semua orang bisa meminumnya,” ujarnya.

Proses pembuatan minuman itu memakai teknik destilasi atau penyulingan. Dia mengaku terinspirasi dari infused water yakni air mineral beraroma buah-buahan. Namun, dia tidak setuju bila mocktail rasa kopi itu disamakan dengan infused water. Alasannya adalah proses pembuatannya yang berbeda.

img

Kopi bening.

“Cairan kopi yang sudah dibuat kemudian disuling atau destilasi. Ada alat khusus supaya rasa kopinya tetap kuat. Kalau infused water kan hanya didiamkan selama beberapa jam atau hari,” ujarnya.

Dia mengklaim kandungan kafein pada moctail tersebut sangat sedikit meski rasa kopinya tidak berkurang. Single origin kopi manapun juga dinilainya bisa dijadikan mocktail yang dihargai sekitar Rp60.000 ini.

Baca juga :3 Kunci Menyeduh Teh Agar Terasa Nikmat

“Untuk saat ini kami menggunakan kopi Kintamani sebagai single origin mocktail ini. Namun, semua jenis kopi juga bisa digunakan.”

sumber : traveling.bisnis.comeditor : Milhan Rusli



Komentar
Banner
Banner