Heli Mendarat Darurat

Tunggu Kapolda Berhasil Dievakuasi, Gubernur Jambi Pilih Bertahan di Kerinci

Gubernur Jambi Al Haris menunjukan kepedulian atas musibah dialami Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan dengan memilih bertahan di Kerinci.

Featured-Image
Gubernur Jambi Al Haris saat ditemui awak media di Posko Evakuasi. (Foto: apahabar.com/Ramadhani Al-Qorni)

bakabar.com, JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menunjukan kepedulian atas musibah dialami Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan dengan memilih bertahan di Kerinci.

Ia masih bertahan di Kerinci hingga Kapolda Jambi dan rombongan berhasil dievakuasi keluar dari lokasi musibah.

“Kita ingin pastikan beliau dan rombongan berhasil dievakuasi keluar dari lokasi itu,” sebutnya, Selasa (21/2).

Baca Juga: Evakuasi Kapolda Jambi Libatkan Personel TNI

Al Haris mengungkapkan tim evakuasi saat ini masih berada di lokasi. Selain itu, ditambah dengan tim evakuasi darat juga sudah mencapai lokasi Senin sore.

“Tim evakuasi darat juga sudah di lokasi. Tadi kapolda dan rombongan juga sudah ditengani medis. Pasokan makanan untuk malam ini juga disalurkan tim evakuasi tadi,” ujarnya.

Adapun evakuasi Kapolda dan rombongan dilanjutkan pada Selasa pagi, (21/2). Hal ini disebabkan Senin sore sebelumnya tim evakuasi terkendala tebalnya kabut di lokasi.

“Kemarin untuk evakuasi terkendala kabut. Hari ini dilanjutkan lagi, Insya Allah besok evakuasi Kapolda bisa dilakukan,” kata Al Haris.

Baca Juga: Kapolri Terjunkan Dua Helikopter Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

Senin sore, (20/2) tim SAR gabungan melalui jalur udara menghentikan sementara proses evakuasi karena cuaca di sekitar lokasi berkabut dan tidak memungkinkan, sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma Milik TNI AU kembali ke bandara Sultan Thaha. 

Kepala Basarnas Jambi Kornelis menerangkan evakuasi kembali dilanjutkan sejak Selasa pagi (21/2). Adapun proses evakuasi menggunakan 7 helikopter milik Basarnas, TNI AU, Baharkam Polri, Polda Sumsel dan Sinar Mas.

"Semoga cuaca besok pagi di sekitar lokasi cerah dan seluruh korban dapat segera dievakuasi," ujarnya.

Helikopter yang membawa Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan mendarat darurat di hutan belantara Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, pada Minggu siang (19/2).

Baca Juga: Mabes Polri: Kapolda Jambi Selamat dan Hanya Alami Luka

Selain Kapolda Jambi, ada Direskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbuhan, Korpspripim Polda Jambi Kompol Ayani, dan ajudan kapolda, serta tiga crew helikopter AKP Ali H, AKP Amos F, dan Aipda Susilo.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab helikopter itu mendarat darurat di tengah hutan Tamiai. Diduga karena cuaca buruk. Dipastikan Kapolda dan rombongan selamat dari tragedi itu, meski ada yang mengalami luka-luka. Kapolda Jambi mengalami patah tulang pada bagian tangan sebelah kanan.

Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Bandara Sultan Thaha Jambi di Kota Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo Kerinci, sejatinya untuk meresmikan Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan kunjungan mantan Wapres RI Jusuf Kalla di Kerinci. (Ramadhani Al-Qorni)

Editor


Komentar
Banner
Banner