Trik Irit BBM

Trik Irit BBM saat Berkendara agar Kantong Enggak Bolong, Sudah Tahu?

Fitur Engine Auto Start-Stop yang disematkan pada salah satu modelnya yakni All New Ertiga Hybrid, diklaim sangat bermanfaat bagi pengendara.

Featured-Image
Fitur Engine Auto Start-Stop disebut dapat membuat kendaraan lebih irit bahan bakar. (Foto: dok. Suzuki)

bakabar.com, JAKARTA - Ada trik mengirit bahan bakar minyak (BBM) saat berkendara yang bisa dilakukan oleh pengemudi.

Cara ini dilakukan agar bisa menghemat pengeluaran membeli BBM yang harganya cukup tinggi saat ini.

Nah, salah satu merek yakni Suzuki menyematkan fitur Engine Auto Start-Stop yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga lebih irit.

Fitur itu dipasang oleh Suzuki untuk menunjang gaya berkendara Eco-Driving yang memiliki banyak manfaat bagi pengendara.

"Fitur Engine Auto Start-Stop hadir sebagai bagian dari teknologi Suzuki yang berfungsi untuk membuat penggunaan bahan bakar lebih efektif," ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Donny Saputra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/1).

Baca Juga: Naik 8 Persen, Ertiga dan XL7 Dominasi Penjualan Suzuki pada November 2022

Ia mengungkapkan, ketika mobil berhenti sejenak maka mesin akan mati secara otomatis dan membuat mesin tidak mengalami proses pembakaran. 

"Suzuki menyarankan kepada pelanggan untuk bersama-sama menerapkan gaya berkendara Eco-Driving untuk aktivitas sehari-hari agar dapat membantu mengurangi emisi gas buang sekaligus penggunaan bahan bakar," tukasnya.

Fitur Engine Auto Start-Stop yang disematkan pada salah satu modelnya yakni All New Ertiga Hybrid, diklaim sangat bermanfaat bagi pengendara khususnya yang sering mengalami kepadatan lalu lintas di perjalanan. 

Cara Kerja Fitur Engine Auto Start-Stop

Fitur ini akan berfungsi jika mobil yang sedang melaju kemudian harus berhenti seperti saat menghadapi kemacetan atau menunggu lampu lalu lintas.

Baca Juga: Dua Pembalap MotoGP Bakal Memakai Helm Buatan Indonesia

Secara pintar, aktivasi Engine Auto Start-Stop pada model All New Ertiga Hybrid bertransmisi otomatis akan mendeteksi lewat pedal rem yang sedang ditekan, kemudian secara otomatis mesin akan menjadi non-aktif.

Sedangkan pada varian bertransmisi manual, dalam kondisi masih menginjak pedal rem, pengendara perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi netral dan melepaskan injakan di pedal kopling.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner