Kalsel

TPS Kuripan Masih Beroperasi, Begini Penjelasan DLH Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kuripan, Kota Banjarmasin masih dioperasionalkan hingga saat ini….

Featured-Image
Ilustrasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kuripan, Kota Banjarmasin masih dioperasionalkan hingga saat ini. Rupanya pembongkaran oleh Satuan Petugas (Satgas) Normalisasi Sungai tidak mempengaruhi fungsi tempat sampah tersebut.

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki mengatakan bahwa TPS di ruas Jalan Veteran itu memang belum ditutup secara resmi.

“Tapi sudah kita batasi warga untuk membuang sampah ke TPS lain yang berdekatan,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, sambung Marzuki, pihaknya memang berencana akan menutup secara permanen TPS Pasar Kuripan.

Penutupan ini untuk memindahkannya operasionalnya ke TPS yang baru saja dibangun di kawasan Jalan Veteran.

Dilaporkan bahwa DLH telah menutup operasional tiga TPS yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur. Dua TPS di Jalan Pramuka dan satu TPS di Persimpangan Sungai Gardu.

“Sekarang tiga itu dulu, selain uji coba, sambil kami lihat bagaimana aktivitas di TPS yang baru, apakah akan menumpuk atau lancar-lancar saja,” jelasnya.

Agar sampah tidak lagi menumpuk di TPS Veteran dan TPS Gudang Kulit, DLH juga berencana akan menjalankan program tempat sampah surung sintak di TPS tersebut.

“Surung sintak juga menjadi salah satu alternatifnya. Memang saat ini masih ada aktivitas di sana, tapi lambat laun penutupan TPS pasti akan terjadi,” ucapnya.

Dengan ditutupnya tiga TPS tersebut, maka aktivitas pembuangan sampah dialihkan ke TPS baru.

TPS baru tersebut berlokasi di Jalan Veteran, tepatnya eks lokasi Pasar Buah Pengambangan, Banjarmasin.

“Jadi warga yang biasa membuang sampah di TPS yang sudah kami tutup, silakan membuang sampah ke TPS yang baru. Membuangnya harus sesuai aturan, dari pukul 20.00 sampai 06.00 wita,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner