Tempat Penampungan Sampah

TPA Bekotok Diprediksi Mampu Tampung Sampah hingga 2029

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok di Kecamatan Tenggarong diperkirakan masih mampu menampung sampah hingga enam tahun ke depan.

Featured-Image
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok di Kecamatan Tenggarong. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok di Kecamatan Tenggarong diperkirakan masih mampu menampung sampah hingga enam tahun ke depan. TPA Seluas 5,95 hektare ini memiliki kapasitas penampungan sampah sekitar 300 ribu meter kubik.

Sampai saat ini, terhitung sekitar 174 ribu meter kubik sampah tertampung di sana. TPA Bekotok menampung sampah dari tiga kecamatan, yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu. TPA ini mampu menampung hingga 2,5 ton sampah setiap bulan. 

Baca Juga: Atasi Sampah, Kecamatan Loa Kulu Bakal Bangun TPA di Desa Jembayan

Menyadari sampah yang semakin menumpuk di TPA Bekotok, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara terus melakukan pembenahan di lokasi tersebut.

“Ini terus kita lakukan pembenahan,” kata Kabid Pengelola Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar, Irawan, Rabu (8/11).

Irawan menambahkab bahwa belum lama ini, mereka melakukan pembenahan sampah d TPA Bekotok dengan cara ditimbun dengan tanah atau spreading. Penimbunan dengan tanah juga, sebagai upaya mengurangi bau tak sedap dari sampah yang sudah menggunung, jadi akan lebih permanen hasilnya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

“Ada pola lain yakni dengan penyiraman cairan khusus penghilang bau. Namun kelemahannya, kalau hujan cairan akan terurai mengalir, dan sampah kembali bau,” jelasnya.

Perapihan bisa dilakukan secara rutin, sambil melihat kondisi volume sampah di TPA Bekotok yang menampung sampah tiga kecamatan tersebut

Idealnya Irawan menyebutkan kemampuan daya tampung sampah di TPA Bekotok diperkirakan aman sampai tahun 2029. Paling cepat sampai 2026 atau tiga tahun lagi. DLHK sudah melakukan persiapan dengan langkah-langkah pengembangan TPA tersebut.

“Kita bersama Konsultan buat DED pengembangan TPA Bekotok. Belum ada alternatif untuk membuat TPA baru di Tenggarong, DLHK akan memfokuskan pembangunan dan pengembangan TPA di Loa Janan dan Kota Bangun,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner