Penanganan Sampah

Atasi Sampah, Kecamatan Loa Kulu Bakal Bangun TPA di Desa Jembayan

Pemerintah Kecamatan Loa Kulu berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Jembayan Tengah, untuk mengatasi permasalahan sampah.

Featured-Image
Camat Loa Kulu, Ardiansyah. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Pemerintah Kecamatan Loa Kulu berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Jembayan Tengah, untuk mengatasi permasalahan sampah yang terus menjadi persoalan di tengah masyarakat.

Langkah ini dianggap strategis karena masalah kebersihan lingkungan menjadi isu yang tak terkendali. Tak jarang warga setempat akhirnya mengambil alternatif dengan membakar sampah. Padahal, langkah itu tidak menyelesaikan persoalan, dan justru menambah polusi di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Kelurahan Melayu Bangun Bank Sampah, Jadikan Limbah Rumah Bernilai

Untuk segera merealisasikan pembangunan TPA tersebut, Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengaku pihaknya tengah menyiapkan lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi TPA. Rencananya lokasi TPA ini akan dibuat jauh dari pemukiman warga.

“Di Jembayan Tengah itu ada lahannya pemerintah untuk kita jadikan tempat pembuangan akhir sampah,” kata Ardiansyah beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Kecamatan Loa Kulu telah memiliki TPA yang berada di Desa Loa Kulu Kota. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bertumbuhnya jumlah penduduk, TPA tersebut dinilai sudah tidak representatif untuk tetap difungsikan.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, Ardiansyah mengaku pihaknya telah mendapat bantuan tambahan armada pengangkut sampah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

“Jadi sementara ini kita buang sampah dari Loa Kuku ini ke TPA di Tenggarong,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner