Hot Borneo

TOP! 6 Sekolah di Tanah Bumbu Raih Penghargaan Adiwiyata

6 sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Adiwiyata Tingkat Nasional hasil penilaian tahun 2022.

Featured-Image
Penghargaan sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Provinsi Tahun 2022. Foto: DLH Tanah Bumbu

bakabar.com, BATULICIN - Sebanyak 6 sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Adiwiyata Tingkat Nasional hasil penilaian pada 2022.

Adapun 6 sekolah tersebut, yakni SMAN 1 Angsana yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional. Sementara 5 sekolah lainnya meraih Adiwiyata Provinsi yaitu SDN Angsana, SDIT Ar-Rasyid Batulicin, SMPN 4 Mantewe, SMPN 7 Kusan Hilir, dan SMPN 1 Batulicin.

Penghargaan diserahkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, yang dilangsungkan di Aula KH Idham Chalid, Banjarbaru, Kamis (2/2).

"Alhamdulillah, enam sekolah kita di Tanah Bumbu meraih Adiwiyata. Satu Adiwiyata Tingkat Nasional dan lima Adiwiyata Tingkat Provinsi," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo, Sabtu (4/2).

Rahmat berharap penghargaan ini membawa nilai positif dan semakin menggugah kesadaran, serta memberikan motivasi kepada semua pihak terutama generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan hidup serta kelestarian alam.

“Semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan memiliki fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup,” ujarnya.

Rahmat juga menyampaikan kepada sekolah yang sudah mendapatkan apresiasi Adiwiyata agar terus mempertahankan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah.

“Tetap jaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pemilahan dan pengurangan sampah, pemeliharaan dan penanaman pohon/tanaman, berpartisipasi dalam konservasi air dan energi serta inovasi terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," pintanya. 

Diketahui ada sebanyak 22 sekolah di Kalsel yang meraih Adiwiyata Nasional dari penilaian tahun 2022 tersebut yakni 8 sekolah tingkat SD/MI, 7 sekolah tingkat SMP/MTs, dan 7 sekolah tingkat SMA/MA.

Kemudian ada sebanyak 53 sekolah yang meraih Adiwiyata Provinsi, yakni 29 tingkat SD/MI, 15 tingkat SMP/MTs dan 9 tingkat SMA/MA.

Editor


Komentar
Banner
Banner