Tips Mengurangi Bau Badan

Tips Mengurangi Bau Badan

Memiliki bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain faktor kebersihan, ternyata penyebab bau badan adalah makanan.

Featured-Image
Ilustrasi Bau Badan, apahabar.com. Foto: Dok. Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Memiliki bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain faktor kebersihan, ternyata penyebab bau badan adalah makanan.

Sinar matahari bisa menyebabkan keringat berlebih pada tubuh. Tak masalah jika keringat tak berbau. Tapi jika berbau akan membuat tak nyaman. Ternyata selain faktor kebersihan, apa yang dimakan juga berpengaruh pada bau keringat.

Prof Johan Lundström dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, telah melakukan banyak penelitian tentang hal tersebut, sehingga mendapat satu kesimpulan bahwa bau keringat kita bergantung pada banyak faktor.

"Bau badan kita berasal dari kombinasi senyawa yang dikeluarkan dari kelenjar, populasi bakteri di tubuh kita (yang disebabkan oleh hal seperti kebersihan dan genetika) serta lingkungan," jelasnya kepada BBC UK.

"Apa yang kita makan juga berperan penting," sambungnya.

Baca Juga: Mengenal Slow Living, Hidup Penuh Ketenangan untuk Kesehatan Mental

Selain itu menurut Lundström, seseorang yang makan daging berlebihan cenderung berbau daripada mereka yang sehari-hari mengonsumsi sayuran. Faktor lain pendukung terjadinya bau badan adalah terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, bawang merah dan bawang bombai.

Lundström menyarankan mengonsumsi sejumlah makanan ini untuk mencegah bau badan:

Perbanyak sayuran hijau

Dari eksperimen Lundström yang dilakukan di Universitas Macquarie Australia, diketahui bahwa seseorang yang memakan lebih banyak sayur dan buah memiliki aroma keringat yang tidak berbau, dibanding partisipan pemakan lemak, daging, telur serta karbohidrat yang memiliki aroma tubuh yang cenderung kurang sedap.

Mengonsumsi sayuran hijau memiliki manfaat banyak, seperti Kale, bayam dan salada air yang mengandung klorofil tinggi yang menetralkan senyawa penyebab bau badan.

Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman paling sehat dan dapat menurunkan , ternyata mengonsumsi teh hijau dapat membantu mencegah bau badan.

Dalam teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengatasi bau badan, bau mulut serta bau kaki.

Cara mengonsumsinya cukup menyeduhnya dengan air hangat ditambah madu.

Atau dengan menggunakan kantung teh yang diletakan di ketiak selama beberapa menit setiap harinya. Teh hijau tersebut dapat menghambat pori-pori dan mencegah keringat berlebih.

Baca Juga: Hati-hati, Memaksa Anak Berpengaruh Buruk pada Kesehatan Mentalnya

Perbanyak buah-buahan

Selain baik untuk kesehatan, mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk dapat mengurangi bau badan berlebih pada tubuh. Buah jeruk dapat mengurangi akumulasi racun dalam tubuh dan membatasi bakteri pembentuk bau badan.

Segelas air lemon atau jeruk hangat dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi bau badan berlebih.

Itulah beberapa hal yang dapat mengurangi bau badan berlebih pada tubuh, selain mengonsumsi makanan sehat, menjalankan pola hidup sehat juga salah satu faktor pendukung mencegah bau tidak sedap pada tubuh

Editor


Komentar
Banner
Banner