Tips Kecantikan

Tips Membersihkan Wajah dengan Efektif, Harus 60 Detik?

Baru-baru ini viral pengguna TikTok yang menayakngkan anjuran bahwa Anda harus memijat pembersih wajah ke kulit minimal selama 60 detik untuk mendapatkan hasil

Featured-Image
Tips membersihkan wajah dengan efektif. Foto: Alodokter.

bakabar.com, JAKARTA - Baru-baru ini viral pengguna TikTok yang menayakngkan anjuran bahwa Anda harus memijat pembersih wajah ke kulit minimal selama 60 detik untuk mendapatkan hasil optimal.  

Menurut ahli dermatologis dari AS, dr. Marisa Garshick, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis pembersih yang Anda gunakan dan seberapa banyak riasan serta penumpukan pada kulit Anda.

“Untuk seseorang yang memakai banyak makeup, mereka mungkin memerlukan waktu 60 detik penuh untuk menghapusnya secara menyeluruh,” jelasnya, mengutip Tempo (24/2).

Selain itu, menurut pakar kecantikan tersebut, jika Anda menggunakan pembersih obat seperti yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mengobati jerawat, Anda pasti ingin memastikan pembersih tersebut berada di kulit Anda cukup lama agar bahan aktif memiliki efek.

"Jika wajah bebas makeup di pagi hari, Anda dapat mencuci wajah selama 30 detik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Garshick kembali memperingatkan agar tidak membersihkan lebih dari 60 detik, karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Berikut ini empat tips mencuci muka yang dapat dicoba:

1. Gunakan air hangat

Hindari air panas, karena dapat melebarkan pembuluh darah secara kronis dari waktu ke waktu, menyebabkan kemerahan pada wajah dan memperburuk kondisi seperti rosacea. Air panas juga menghilangkan minyak alami kulit dan membuat wajah kering, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap iritasi.

2. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Itu berarti menggunakan pembersih yang menghidrasi untuk kulit kering, pembersih berbusa untuk kulit berminyak atau pembersih dengan bahan aktif seperti asam salisilat untuk penyumbatan pori dan kulit berjerawat.

3. Hindari menggosok atau scrubbing kulit dengan kuat

Scrubbing dapat menyebabkan gangguan atau cedera pada penghalang kulit, yang dapat membuat kulit rentan terhadap kekeringan dan iritasi. Dr. Penzi merekomendasikan penggunaan ujung jari yang bersih untuk menyelesaikan pekerjaan di atas waslap, spons, atau sikat, yang seringkali "terlalu abrasif" dan dapat merusak penghalang kulit seiring waktu.

Selain itu, benda-benda ini rentan terhadap penumpukan bakteri dari waktu ke waktu. jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan benar.

4. Mengeringkan kulit menggunakan handuk yang bersih dan lembut

Ini mungkin tampak jelas, tetapi pastikan untuk menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan kulit Anda setelah dibersihkan. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan setelah membersihkan kulit adalah memasukkan kembali bakteri atau kotoran ke wajah Anda.

5. Setelah mengeringkan kulit, oleskan pelembap pada kulit yang lembap

Tindakan pembersihan saja, bahkan dengan pembersih yang lembut, bisa membuat kulit kering, jadi selalu penting untuk mengikuti dengan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan dan mencegah kulit terasa kering.

Jika saat ini Anda menggunakan retinoid resep atau produk retinol yang dijual bebas, tunggu hingga kulit Anda benar-benar kering (Dr. Camp merekomendasikan sepuluh menit) sebelum mengaplikasikannya. “Ini dapat membantu mengurangi efek samping yang berpotensi mengiritasi karena produk mungkin tidak menembus kulit sedalam jika masih lembab,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner