OTOMOTIF

Tips Berkendara Jarak Jauh saat Libur Nataru agar Aman dan Nyaman

Libur Natal dan Tahun Baru sudah semakin dekat. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh keluarga Indonesia untuk melakukan perjalanan jauh.

Featured-Image
Tips berkendara jarak jauh saat libur Nataru. (Foto: dok. BuyaCar)

bakabar.com, JAKARTA - Momen libur Natal dan Tahun Baru biasanya banyak dimanfaatkan oleh keluarga Indonesia untuk melakukan perjalanan jauh.

Akhir tahun menjadi waktu paling tepat untuk berpergian bersama keluarga atau pun kerabat menggunakan kendaraan pribadi.

Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana  menerangkan, ada beberapa tips yang bisa jadi pedoman agar perjalanan jauh Anda lebih aman dan nyaman. 

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan bahaya kecelakaan (saat melakukan perjalanan jauh). Pertama pastikan pengemudi mendapat istirahat yang cukup dan berkala," kata Sony kepada apahabar, Selasa (20/12).

Baca Juga: Hadiah Argentina Juara Piala Dunia, Bisa Beli Berapa Mobil Listrik?

Baca Juga: Lebih Aman Injak Rem atau Kopling Duluan saat Mobil Lagi Ngebut?

Selain istirahat yang cukup, ia juga menegaskan pentingnya untuk menjaga emosi di kala berkendara apalagi saat melakukan perjalanan jauh.

Pakar keselamatan itu juga menyebutkan untuk membawa barang secukupnya agar kondisi mobil tetap nyaman.

"Mempersiapkan kondisi kendaraan tidak hanya seputar ban, oli, dan lainnya. Pengemudi juga harus mendalami karakter dan kemampuan kendaraan sehingga mobil mampu dikuasai secara penuh," tukasnya.

Hal senada diungkapkan Training Director sekaligus Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu yang menekan pentingnya istirahat yang cukup untuk pengemudi khususnya  saat jauh.

"Jika mengemudi lebih dari 10 jam, maka harus istirahat. Agar tidak kelelahan setiap 2 jam harus berhenti dan tidur," terang pria yang juga aktif di Harley-Davidson Club Indonesia itu.

Baca Juga: Ikut Balapan Mobil, Valentino Rossi Bakal Duet Bareng Pembalap Indonesia

Baca Juga: Estimasi Harga Mobil Listrik setelah Dapat Subsidi Rp80 Juta

Lebih jauh ia menjelaskan, bila saat berkendara jauh, pengemudi bisa tidur secara nano, mini atau power nap.

"Nano itu tidur selama 5 menit, kalau mini itu tidur 15 menit, sementara power nap tidur selama 30 menit," jelasnya.

Selain itu, Jusri juga mengingatkan jelang 2-3 hari mendekati libur natal dan tahun baru untuk tidak berpergian jauh menggunakan jalan tol.

Hal itu karena menurutnya jalan tol akan lebih padat kendaraan hingga 62 persen dibanding saat libur Idulfitri.

"Pastikan pengemudi merencanakan rute dengan baik agar perjalanan lebih nyaman dan pengemudi tidak letih. dan bawa barang secukupnya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner