Parenting

Tips Atur Keuangan Rumah Tangga untuk Orang Tua Baru

Masalah keuangan kerap menjadi sumber keributan rumah tangga. Perlu tips khusus untuk atur keuangan rumah tangga agar ekonomi tetap stabil.

Featured-Image
Ilustrasi atur keuangan rumah tangga. Foto: iStock

bakabar.com, JAKARTA - Masalah keuangan kerap menjadi sumber keributan rumah tangga. Perlu tips khusus untuk atur keuangan rumah tangga agar ekonomi tetap stabil. 

Ada sejumlah hal yang dapat dipersiapkan para orang tua sedini mungkin agar mempermudah perencanaan keuangan keluarga.Perlu perencanaan matang agar keuangan tak terguncang dengan kehadiran anak dalam rumah tangga.

“Sebenarnya biayanya banyak, dan kalau sudah punya anak pasti udah sadar sendiri, ‘Kok keuangannya berantakan?’ Itu proses yang wajar, butuh adaptasi,” kata Annisa Steviani, perencana keuangan tersertifikasi, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (9/10).

Tiga Langkah Amankan Keuangan Keluarga saat Hamil dan setelah Melahirkan

Annisa memberikan tips untuk melakukan tiga langkah penting dalam mempersiapkan keuangan sejak hamil hingga melahirkan.

Langkah pertama, ia menyarankan orang tua untuk mempersiapkan dana untuk membeli perlengkapan utama bayi.

Perlengkapan bayi yang tidak habis pakai dan dapat digunakan berulang kali, seperti stroller (kereta dorong), box bayi atau kursi bayi sebaiknya meminjam atau menyewa dari tempat lain, alih-alih membeli yang baru. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan dana kebutuhan perlengkapan bayi yang sebenarnya dapat dialihkan ke alternatif lainnya.

Kedua, orang tua yang baru saja memiliki anak tidak boleh mengesampingkan dana untuk makanan bergizi ibu menyusui. Selain fokus mempersiapkan dana untuk keperluan ASI bayi, jangan lupa untuk menyediakan dana khusus bagi ibu agar nutrisi mereka tetap tercukupi dengan baik.

Ketiga, biaya terakhir yang harus dipersiapkan adalah terkait pengasuhan. Menurut Annnisa, pengeluaran itu jarang dibahas padahal merupakan komponen biaya terbesar. Misalnya, jika ibu bekerja, maka keluarga itu memerlukan pengasuh atau daycare (tempat penitipan).

“Kalaupun dijaga kakek-neneknya, pasti orang tua harus menyiapkan dana ekstra untuk mereka, entah untuk makan-makan atau jalan-jalan,” kata perempuan yang juga fokus menjadi konten kreator pembuatan konten edukasi ini.

Dengan tiga langkah itu, menurut Annisa, setidaknya keluarga muda tahu bagaimana berhemat dan membuat keuangan keluarga tetap aman.

Editor


Komentar
Banner
Banner