Parenting

Lighthouse Parenting, Biarkan si Kecil Tumbuh Mandiri dengan Cinta

Lighthouse parenting, sebuah tipe pola asuh yang dianggap sebagai cara emas mendorong anak menjadi bijak dan mandiri.

Featured-Image
Lighthouse Parenting, Pola Asuh dengan Menjadikan Anak Mandiri dengan Cinta Orang Tua. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Lighthouse parenting, sebuah tipe pola asuh yang dianggap sebagai cara emas mendorong anak menjadi bijak dan mandiri. Perhatikan yang perlu dilakukan agar anak jadi mandiri. 

Pola asuh sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak, dengan mencari tipe parenting yang bijak akan membuat anak tumbuh dalam fisik dan mental yang sehat.

Salah satu pola asuh yang dianggap baik adalah lighthouse parenting, lantas bagaimana cara mendidik anak dengan tipe parenting mercusuar satu ini?

Lighthouse Parenting, Pola Asuh Menunjukan Cahaya bagi Anak

Pola Asuh Lighthouse - apahabar
Pola Asuh Lighthouse. Foto: Freepik

Lighthouse parenting atau pola asuh mercusuar, adalah istilah yang diciptakan oleh Dr. Kenneth Ginsburg, seorang dokter anak.

Ia menjelaskan gaya pengasuhan ini menciptakan keseimbangan antara kasih sayang dan batasan yang disepakati anak dan orang tua.

Hal ini dibuat untuk memastikan anak terlindungi, terasuh, dan aman. Tapi tetap dengan menghormati orang tua sebagai figur penting dalam hidupnya.

"Pola asuh yang efektif dimulai saat orang tua membimbing anak menuju masa depan yang positif dan menjaga mereka tetap aman," ujar dr. Ken Ginsburg, mengutip Parent and Teen, Senin (4/12).

Pola asuh ini tetap mengajarkan anak untuk disiplin dan mengevaluasi saat mengambil risiko yang telah mereka perbuat. Dengan terus didampingi oleh orang tua.

Mengibaratkan orang tua yang menyinari sang anak layaknya mercusuar. Dalam perairan yang dipenuhi ombak, orang tua memberitahu hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bahaya, tapi tetap membiarkan mereka menghadapinya sendiri.

Gaya pengasuhan ini membantu orang tua memberikan landasan yang kuat dan suportif bagi anak-anaknya, menaruh kepercayaan pada pengambilan keputusan anak dan kemampuan mengatasi konsekuensi yang akan datang.

Pola asuh Lighthouse terlihat jauh berbeda dibandingkan gaya pengasuhan lainnya, seperti otoriter, yang mengutamakan struktur dan kepatuhan.

Penerapan Pola Asuh Mercusuar

Penerapan Lighthouse Parenting atua Pola Asuh Mercusuar. Foto: Shutter Stock
Penerapan Lighthouse Parenting atua Pola Asuh Mercusuar. Foto: Shutter Stock

Ginsburg menyatakan bahwa tipe parenting ini adalah bagaimana menyeimbangkan cinta, harapan dan perlindungan dengan kepercayaan.

Orang tua dengan pola asuh ini akan membiarkan anak membuat keputusan sendiri. Mendukung anak dalam memilih pertemanan, namun tetap membimbing ke arah yang lebih positif.

Mengembangkan kepercayaan antara keduanya adalah kunci dari pola asuh ini. Orang tua menjelaskan mengenai batasan dan aturan yang ada di rumah secara rasional.

Berbicara dengan anak adalah cara yang bagus dalam membangun kepercayaan, memperkuat ikatan orang tua dan anak dengan belajar lebih banyak mengenai anak secara umum.

Keduanya harus menghormati terhadap pendapat dan sudut pandang masing-masing. Dengan bertanya apa yang dirasakan, maka orang tua semakin banyak belajar mengenai kepribadian sang anak.

Menjadi seseorang yang aman dan nyaman bagi anak adalah suatu yang diharapkan tiap orang tua. Mempraktikkan gaya pengasuhan mercusuar ini membangun kepercayaan dan mendorong anak belajar dan tumbuh mandiri dengan terus melakukan komunikasi terbuka dengan orang tuanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner