LIFESTYLE

Tips Antisipasi Mabuk Perjalanan selama Mudik

Mabuk perjalanan adalah kondisi di mana seseorang merasa tak nyaman ketika melakukan perjalanan

Featured-Image
Ilustrasi mudik (Foto: apahabar.com/May)

bakabar.com, JAKARTA - Pernahkah Anda merasa pusing dan mual selama bepergian menuju kampung halaman? Kalau demikian, boleh jadi Anda sedang mengalami mabuk perjalanan. 

Mabuk perjalanan adalah kondisi di mana seseorang merasa tak nyaman ketika melakukan perjalanan, baik menggunakan mobil, pesawat, kereta api, ataupun kapal. Kondisi ini dapat dialami semua orang, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Kondisi yang demikian, ternyata, dikarenakan terjadi ketidakseimbangan antara pusat pengatur di otak dengan posisi tubuh sebenarnya. Dengan kata lain, mabuk perjalanan terjadi akibat otak menerima sinyal yang berbeda dari beberapa anggota tubuh. 

Sebagai contoh, saat berada di dalam kendaraan, mata seakan melihat pepohonan bergerak. Sedangkan, otot dan sendi merasa bahwa tubuh diam. Akibatnya, otak tidak bisa memproses informasi apakah tubuh sedang diam atau bergerak.

Hal itulah yang lantas membuat tubuh mengalami pusing, keringat dingin, mual dan muntah, sakit perut, hingga sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kabar baiknya, gejala tersebut bisa dicegah dengan berbagai cara.

Merangkum berbagai sumber, berikut sederet tips mencegah mabuk selama perjalanan mudik lebaran:

Ubah Posisi Duduk

Duduk menghadap ke belakang atau samping dapat membuat gejala mabuk perjalanan lebih parah atau mudah kambuh. Jadi, ubahlah posisi duduk menghadap ke depan mengikuti arah kendaraan melaju. 

Kemudian, sandarkan kepala di kursi untuk membantu meredakan gejala mabuk.

Alihkan Pandangan

Alihkan perhatian pada hal yang membuat mata tidak tertuju di satu titik, seperti mendengar musik atau berbincang dengan orang lain. Sejumlah penelitian bahkan sudah membuktikan kegiatan tersebut ampuh mengatasi mabuk perjalanan.

Hirup Minyak Angin

Mual dan muntah karena mabuk perjalanan bisa diredakan dengan menghirup wewangian dari minyak angin atau aromaterapi. Kegiatan ini bahkan membantu tubuh menjadi relaks, sehingga bisa tidur nyenyak selama perjalanan mudik.

Jenis aroma untuk mengatasi keluhan ini ada beragam, mulai dari lemon, peppermint, cengkeh, lavender, chamomile, dan mawar. Anda bebas memilih jenis aroma yang disukai supaya terasa lebih nyaman.

Pejamkan Mata

Kalau gejala mabuk perjalanan mulai muncul, cobalah istirahat sejenak. Tarik napas secara perlahan sambil memejamkan mata. Kemudian, lakukan hal ini beberapa kali hingga terasa lebih tenang.

Jika mudik menggunakan mobil pribadi, bukalah kaca jendela dan hirup udara segar. Selain itu, istirahat pula di tempat pemberhentian. Manfaatkan jeda ini guna berjalan kaki di sekitar tempat itu dan melakukan peregangan ringan.

Konsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe, pepperment, atau lemon juga bisa membantu meredakan mual dan muntah akibat mabuk perjalanan. Aroma dari ketiga bahan ini menenangkan, sehingga membuat tubuh lebih relaks. 

Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk permen, teh, atau air seduhan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi mabuk perjalanan selama mudik. Semoga bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner