Pemkab HSS

Tingkatkan SDM, Kabupaten HSS Miliki Gedung Perpustakaan Umum

Ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati, Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dua lantai telah rampung dibangun.

bakabar.com, KANDANGAN - Ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati, Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan 2 lantai telah rampung dibangun.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando hadir dan meresmikan langsung, penandatanganan prasati juga dilakukan bersama Bupati HSS Achmad Fikry.

Gedung Perpustakaan Kabupaten HSS dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2022 sebesar Rp9,7 miliar bersumber dari APBN Pemerintah Pusat dan terletak di Jalan Jenderal A Yani Parincahan kota Kandangan. 

Baca Juga: Kabupaten HSS Raih Adipura Ke-4 dari KLHK RI

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando memberikan apresiasi penuh terhadap Bupati HSS beserta jajarannya atas seluruh kemajuan yang dicapai dalam pembangunan gedung perpustakaan tersebut.

"Tujuannya mengimplementasikan dan mendukung program pencapaian agenda nasional dalam RPJMN 2020-2024 tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata Muhammad Syarif Bando.

Perpustakaan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam upaya meningkatkan SDM serta mencerdaskan masyarakat. 

Baca Juga: Bupati Achmad Fikry Bagikan 45 Ton Beras Program Rastrada Pemkab HSS

Muhammad Syarif Bando berharap Perpustakaan HSS bisa berjalan baik dengan berkolaborasi antara pemerintah pusat maupun provinsi menghadirkan infrastruktur dan bahan bacaan baik dalam bentuk digital, elektronik maupun buku cetak.

"Bersama kita untuk masyarakat yang termarjinalkan agar bisa dilayani dengan baik. Tentu kami sangat senang komitmen Bupati HSS, dalam hal ini sangat luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Menteri Keuangan, Kepala Perpusnas dan Kepala Dispersip Provinsi Kalsel yang telah memfasilitasi berdirinya gedung perpustakaan.

"Gedung perpustakaan ini akan menjadi simbol pentingnya ilmu pengetahuan, salah satu medianya adalah dengan membaca," terang Bupati Achmad Fikry.

Meskipun, lanjutnya kemajuan teknologi sudah berkembang sedemikian maju tetapi kegiatan membaca hendaknya tetap dapat dijaga dalam upaya menambah pengetahuan. 

Tahun 2022, Dinas Pepustakaan dan Kearsipan HSS telah meraih penghargaan terbaik pertama tingkat provinsi dan ke enam nasional dengan penghargaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Editor
Komentar
Banner
Banner